Improving eight graders' writing skills of recount text through picture series / Keke Firda Amalia

Amalia, Keke Firda (2018) Improving eight graders' writing skills of recount text through picture series / Keke Firda Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Amalia, Keke Firda. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 8 dalam Menulis Teks Recount Menggunakan Gambar Berseri. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Utari Praba Astuti, M.A. (II) Nur Hayati, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci: Meningkatkan, Menulis, teks Recount. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib di sekolah menengah di Indonesia. Tujuan dari pengajaran Bahasa Inggris adalah untuk memfasilitasi pengembangan empat keterampilan berbahasa siswa yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Di antara empat keterampilan terserbut, menulis sering dianggap sebagai yang palin kompleks dan menantang bagi pelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian awal menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-G SMPN 8 Malang memiliki masalah dalam menulis. Masalah tersebut ialah mencari dan mengembangkan ide-ide, kesulitan dalam penggunaan tenses dan penggunaan kosa kata yang tepat. Masalah tersebut disebabkan oleh beberapa alasan seperti kurangnya penggunaan media ynang menarik pada kegiatan belajar mengajar. Untuk mengatasi mengatasi masalah tersebut, peneliti mengajukan sebuah strategi untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan gambar berseri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambar berseri dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya teks recount dan bagaimana partisipasi siswa dalam penerapan gambar berseri. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 1 siklus yang berisikan 4 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas 8G di SMPN 8 Malang semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini antara lain; tes menulis siswa, catatan lapangan ketika penerapan strategi, daftar hasil observasi kegiatan belajar mengajar, dan wawancara dengan guru Bahasa Inggris. Gambar berseri diimplementasikan menggunakan Genre-Based Approach yang terdiri dari empat tahap. Tahap pertama ialah Building Knowledge of the Field. Pada tahap ini, para siswa diperkenalkan pada teks recount. Bersama-sama dengan guru, para siswa secara aktif mendiskusikan tujuan, struktur teks, dan fitur bahasa yang digunakan pada teks recount. Selain itu, para siswa ditunukkan serangkaian gambar berseri yang dideskripsikan dalam sebuah teks recount. Tahap kedua adalah Modelling of the Text. Pada tahap ini, siswa berpasangan dengan teman sebangku mereka dan diperlihatkan sebuah rangkaian gambar berseri. Mereka harus mengidentifikasi kata kunci pada setiap gambar. Setelah itu, guru memberikan model tentang bagaimana menyusun kata kunci tersebut menjadi paragraf atau teks. Tahap ketiga adalah Joint Construction of the Text. Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya diberikan sebuah rangkaian gambar berseri. Mereka harus mengidentifikasi kata kunci pada setiap gambar dan menyusun sebuah teks recount pendek yang baik dan benar berdasarkan kata kunci yang telah dibuat. Ketika siswa membuat teks recount, mereka tampak lebih termotivasi utuk membuka kamus untuk mencari beberapa kosakata baru. Tahap vii terakhir adalah Independent Construction of the Text. Di sini, siswa harus menyusun sendiri sebuah teks recount. Menurut hasil data yang telah dikumpulkan selama penelitian menunjukkan bahwa penerapan gambar berseri berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Karena kriteria keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 80% dari siswa mendapatkan nilai ≥75, terdapat 90,6% siswa mencapai kriteria keberhasilan di akhir penelitian ini. Selain itu, partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pada penelitian ini sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru Bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan gambar berseri sebagai strategi dalam kegiatan belajat mengajar, terutama dalam kegiatan menulis. Selain itu, untuk peneliti selanjutya direkomendasikan untuk menerapkan strategi gambar berseri pada jenis teks, fokus keterampilan dan subjek penelitian yang berbeda. 8

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10431

Actions (login required)

View Item View Item