Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran mengarang di sekolah dasar se-kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Yanuar Ismi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran mengarang di sekolah dasar se-kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Yanuar Ismi

Ismi, Yanuar (2012) Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran mengarang di sekolah dasar se-kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Yanuar Ismi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Guru Siswa Mengarang SD. Bahasa adalah salah satu kunci untuk memasuki wahana informasi. Oleh karena itu bagi bangsa Indonesia penguasaan bahasa khususnya bahasa Indonesia sangat penting untuk dapat berperan serta dalam era informasi sekarang ini. Mengarangmerupakankemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena kemampuan iniselaindigunakanuntukkegiatanpendidikanjuga di butuhkanuntukkegiatankehidupanbermasyarakatdiantaranya menulissurat mengisiformulirdansebagainya. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui (1). Persepsisiswakelas 5 SekolahDasardalampembelajaran mengarangBahasa Indonesia (2). Persepsi guru kelas 5 SekolahDasardalampembelajaran mengarangBahasa Indonesia. Populasi penelitian adalah siswa dan guru kelas 5 SDN se-Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar yang berjumlah 28 SD dan diambil 10 SD untuk dijadikan sampel sumber data. Untuk kepentingan pengumpulan data dipergunakan teknik angket yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan teknik penelitian deskiptif kuantitatif. Dari hasil penelitiandapat diketahui bahwa(1). Persepsigurukelas 5 SekolahDasar (a) PenguasaanMateri Kemampuan guru dalammenyampaikanmateripembelajaranmengarangpadaumumnyasudahsesuaidenganmateripengajaran yang ada (b) Perencanaan Penulisanperencanaanpembelajaran yang digunakanoleh guru-guru rata-rata sudahsesuaidenganpedomanpenulisan RPP (c) Pelaksanaan Para guru padaumumnyasudahmemenuhibeberapakompetensidalammengajar baikitukompetensipribadimaupunkompetensiprofesional (d) Lingkungan Lingkungan yang harmonisjuga mempengaruhi minat belajar siswa. Sehingga para guru berusaha menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman dan aman untuk belajar siswa (e) Media Untuk menciptakan ide dan semangat siswa dalam menulis karangan guru menggunakan media atau alat peraga yang bisa merangsang daya imajinasi anak. (2). Persepsisiswakelas 5 SekolahDasar (a) PenguasaanMateri Sebagiankecilsiswakurang menguasai pembelajaran mengarang akan tetapisebagianbesardarimerekasudahmenguasaimateripembelajaranmengarang (b). Pelaksanaan Sedikitsekalisiswa yang kurangikut pro aktifselamapembelajaranberlangsung padaumumnyaparasiswaaktifdankreatifpadasaatpembelajaranberlangsung (c) Lingkungan Padaumumnyasemuasiswamenyukaikondisilingkungan yang kondusif merekajugaberusahamenciptakansuasanaamandannyaman di dalamkelas supayamerekabetahbelajar di dalamkelas (d). Media Padaumumnyasemuasiswamemerlukan media yang menarikdanberagam halinibergunauntukmerangsangdayaimajinasimerekadalammenuliskarangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104306

Actions (login required)

View Item View Item