Penggunaan pendekatan humanistik model Mangunwijaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains pada siswa kelas V SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun kota Malang / Wahyu Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan humanistik model Mangunwijaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains pada siswa kelas V SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun kota Malang / Wahyu Firmansyah

Firmansyah, Wahyu (2012) Penggunaan pendekatan humanistik model Mangunwijaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains pada siswa kelas V SDN Bandungrejosari I kecamatan Sukun kota Malang / Wahyu Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Humanistik Model Mangunwijaya Aktivitas Hasil Belajar Sains. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan di kelas V SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang pembelajaran yang dilakukan masih didominasi oleh guru dengan gaya mengajar yang klasikal. Selain itu siswa juga kurang aktif dan kreatif dalam bertanya. Akibatnya proses pembelajaran menjadi kurang interaktif. Hal tersebut dianggap kurang baik siswa sebagai manusia menurut Abraham Maslow adalah mahluk interaktif yang di dalam dirinya selalu memiliki keinginan untuk mengaktualisasikan diri. Oleh karena itu pendidikan harusnya memahami aspek-aspek tentang kebutuhan manusia. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti kemudian mencari solusi dengan menerapkan pendekatan humanistik model Mangunwijaya dalam pembelajaran. Mangunwijaya memiliki ciri khas tersendiri dalam model pembelajarannya. Model pendidikan yang digagas Mangunwijaya merupakan modifikasi dari model pendidikan gaya pemerintah. Metode pendidikan yang eksploratif kreatif dan integratif merupakan metode yang selalu dipakai dalam setiap kegiatan belajar. Selain itu adanya pelajaran Baca Buku Bagus dan Kotak Pertanyaan merupakan trobosan yang dipakai untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengukur keberhasilan pembelajaran. Prosedur penelitian yang dilakukan terbagi dalam beberapa siklus kegiatan yang mengacu pada model Kurt Lewin dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan tindakan (planning) pelaksanaan (acting) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan kenaikan kualitas aktivitas belajar siswa dan hasil belajarnya. Adapun kualitas belajar yang naik adalah keaktifan keberanian kerjasama ketelitian dan tanggung jawab. Sementara itu rata-rata nilai siswa sebelumnya 69 30 menjadi 84 17 pada akhir siklus. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan humanistik model Mangunwijaya pada kelas V SDN Bandungrejosari I Kecamatan Sukun Kota Malang dapat menaikkan kualitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104304

Actions (login required)

View Item View Item