Perbedaan persepsi antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar / Widya Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan persepsi antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar / Widya Rachmawati

Rachmawati, Widya (2012) Perbedaan persepsi antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar / Widya Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi SD kompetensi guru Anggapan sebagian masyarakat akademis mengatakan bahwa guru yang sudah lulus sertifikasi dan yang belum sertifikasi tidak ada perbedaan pemahaman tentang kompetensi guru. Sedangkan hasil wawancara dari guru SD yang sudah pensiun di Kabupaten Blitar mengatakan bahwa hanya sebagian guru SD yang sudah lulus sertifikasi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kompetensi pedagogik profesional kepribadian dan sosial maka perlu adanya masalah yang diteliti adalah perbedaan persepsi antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparasi dengan metode survei pada guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik di Kabupaten Blitar sejumlah 5655 orang. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan Nomogram Harry King pada taraf signifikansi 5% dan didapat sampel sejumlah 355 orang. Instrumennya adalah kuesioner persepsi kompetensi guru SD jenis skala Likert yang dimodifikasi dengan rentang jawaban 1 sampai 4. Hasil penghitungan dengan menggunakan Independent Sample Test pada Equal Variance Assumed diketahui bahwa (1) kompetensi pedagogik thit 0 935 (2) kompetensi profesional thit 0 789 (3) kompetensi kepribadian thit 0 958 (4) kompetensi sosial thit 0 712 (5) kompetensi total thit 0 126. Sedangkan ttab 1 966. Hasil penghitungan pada kompetensi pedagogik profesional kepribadian sosial dan total menunjukkan bahwa thit ttab artinya H0 diterima. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar. Selain itu hasil wawancara dengan guru SD yang sudah pensiun di Kabupaten Blitar juga didapat bahwa tidak ada perbedaan antara guru SD yang sudah bersertifikat pendidik dan yang belum bersertifikat pendidik tentang kompetensi guru di Kabupaten Blitar. Maka saran yang dapat diberikan diantaranya (1) sebaiknya pemerintah mengadakan evaluasi 2 atau 4 tahun sekali kepada guru SD yang sudah bersertifikat pendidik melalui uji kompetensi (2) guru SD yang sudah bersertifikat pendidik sebaiknya memiliki kesadaran untuk meningkatkan pemahamannya tentang kompetensi guru (3) guru SD yang belum bersertifikat pendidik sebaiknya memiliki kemauan untuk meningkatkan pemahamannya tentang kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104303

Actions (login required)

View Item View Item