Analisis multiple intelligences siswa sekolah dasar kelas IV se-Kecamatan Klojen Kota Malang / Septika Chinda Sudarso - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis multiple intelligences siswa sekolah dasar kelas IV se-Kecamatan Klojen Kota Malang / Septika Chinda Sudarso

Sudarso, Septika Chinda (2012) Analisis multiple intelligences siswa sekolah dasar kelas IV se-Kecamatan Klojen Kota Malang / Septika Chinda Sudarso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci multiple intelligences Pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia sehat berilmu cakap kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sekolah cenderung menekankan pengembangan logical dan linguistic (didominasi oleh membaca dan menulis) sebagai suatu kebiasaan. Padahal setiap individu (siswa) memiliki potensi dan kemampuan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan secara optimal potensi yang ada pada dirinya. Sehingga diharapkan dengan mengetahui bakat dan kecerdasan siswa melalui Multiple Intelligences dapat mengoptimalkan potensi siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan Multiple Intelligences pada siswa sekolah dasar. Multiple Intelligences terdiri dari 8 kecerdasan tetapi dalam penelititan ini membahas 4 kecerdasan antara lain Kecerdasan Linguistik Kecerdasan Matematis-Logis Kecerdasan Spasial dan Kecerdasan Kinestetis-Jasmani pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian yang dipakai termasuk penelitian deskriptif dan survey. Populasi dalam penelitian ini mencakup siswa sekolah dasar kelas IV di Kecamatan Klojen Kota Malang dengan sampel sebanyak 133 siswa melalui metode cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) tes dan wawancara. Sedangkan analisis data yang dipakai merupakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan Linguistik siswa lebih dominan dengan persentase sebanyak 62%. Tidak jauh berbeda dengan mean Kecerdasan Kinestetis-Jasmani siswa sekolah dasar yang menunjukkan keaktifannya dalam bergerak dan kegiatan seni sebanyak 61%. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya perolehan persentase kecerdasan kinestetis sebanyak 66%. Kemampuan menggunakan angka dan penalaran yang tercakup dalam kecerdasan Matematis-Logis cenderung rendah mencapai 55%. Walaupun demikian siswa rata-rata antusias terhadap kegiatan seperti percobaan dan permainan. Sedangkan Kecerdasan Spasial mencapai mean 55%. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini agar pendidik seyogyanya mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada seluruh kecerdasan siswa. Lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat mendukung penuh bakat dan kemampuan siswa. Penelitian dapat dilanjutkan terhadap kecerdasan yang lain dalam Multiple Intelligences dan dapat dilakukan pada jenjang pendidikan yang lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104298

Actions (login required)

View Item View Item