Pelibatan tutor sebaya untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ani Solikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelibatan tutor sebaya untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ani Solikhah

Solikhah, Ani (2012) Pelibatan tutor sebaya untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Ani Solikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Tutor Sebaya Prestasi Belajar IPS Berdasarkan observasi di kelas V SDN Kebonsari 1 Malang pembelajaran IPS dengan materi sejarah kurang menarik minat siswa. Guru menggunakan model konvensional yang dirasa monoton bagi siswa. Model pembelajaran yang diterapkan guru tidak meningkatkan keberanian siswa untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktifitas dan prestasi belajar siswa. Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) memerlukan berbagai variasi metode pembelajaran guna menarik partsisipasi siswa. Tutor sebaya merupakan sebuah metode pembelajaran yang menjadikan seorang teman atau beberapa orang siswa yang ditunjuk oleh guru (sesuai kriteria menjadi tutor sebaya) dan ditugaskan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap 1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Malang yang terdiri dari 26 siswa. instrument yang digunakan dalam penelitian ini adal RPP soal evaluasi lembar pegamatan wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan 3 tahap penelitian yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan tutor sebaya pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Kebonsari 1 Kecamatan Sukun Malang dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa. Selain itu keberanian siswa dalam menyampaikan pertanyaan dan pendapat juga meningkat. Namun demikian masih diperlukan upaya-upaya lebih lanjut dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Hal ini dikarenakan pembekalan terhadap tutor sebaya harus dilakukan secara terus menerus agar pelibatan tutor sebaya mampu meningkatkan prestasi dan juga minat siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat memberikan pembekalan kepada tutor sebaya secara berkesinambungan. Selain itu hendaknnya tutor sebaya selalu diberi panduan berupa modul yang berisikan materi dan latihan soal guna memfokuskan tutor sebaya dalam memahami dan menyampaikan materi kepada anggotanya. Dalam pembelajaran dengan tutor sebaya guru juga perlu menyusun cara untuk mengkondisikan siswa pada saat tutor sebaya menyampaikan materi. Hal ini bertujuan agar tutor sebaya dapat menyampaikan materi dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104296

Actions (login required)

View Item View Item