Mengatasi kesalahan siswa dalam mengerjakan operasi hitung perkalian bilangan cacah di kelas IV SDN 1 Ngembel Treanggalek / Endah aYektiningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengatasi kesalahan siswa dalam mengerjakan operasi hitung perkalian bilangan cacah di kelas IV SDN 1 Ngembel Treanggalek / Endah aYektiningtiyas

Yektiningtiyas, Endah (2012) Mengatasi kesalahan siswa dalam mengerjakan operasi hitung perkalian bilangan cacah di kelas IV SDN 1 Ngembel Treanggalek / Endah aYektiningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mengatasi kesalahan perkalian Trenggalek Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit membosankan dan menakutkan. Untuk memahami suatu materi matematika diperlukan dua pengetahuan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan operasi hitung perkalian bilangan cacah di kelas IV SDN Ngembel 1 Trenggalek penyebab kesalahan serta upaya untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Ngembel 1 Trenggalek yang banyaknya 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi wawancara dan dokumentasi selama proses penelitian. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bentuk-bentuk kesalahan siswa dalam perkalian bersusun bilangan cacah yaitu (a) kesalahan fakta dasar perkalian (b) kesalahan prosedur perkalian bersusun pendek (c) kesalahan nilai tempat (d) kesalahan teknik menyimpan dan (e) kesalahan berhitung. Kedua penyebab kesalahan siswa dalam perkalian bersusun bilangan cacah yaitu (a) siswa tidak menguasai fakta dasar perkalian (b) siswa kurang menguasai konsep nilai tempat (c) siswa tidak menguasai prosedur perkalian bersusun bilangan cacah (d) siswa kurang menguasai teknik menyimpan (e) siswa kurang teliti dan berkonsentrasi dalam mengerjakan soal. Ketiga upaya mengatasi kesalahan siswa dalam perkalian bersusun bilangan cacah yaitu (a) melatih siswa untuk menghafal fakta dasar perkalian dengan kegiatan yang menyenangkan (b) melatih siswa agar lebih terampil dalam melakukan perkalian dengan jarimatika (c) mengajarkan fakta dasar dan algoritma perkalian bersusun dengan menggunakan bantuan media benda-benda konkret (contohnya blok Dienes) kertas berpetak dan kantung bilangan (d) memperkenalkan cara perkalian yang lain (teknik Napier) dan (e) mengingatkan siswa untuk lebih berhati-hati dan teliti dalam melakukan perhitungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104293

Actions (login required)

View Item View Item