Analisis buku ajar PKn kelas V sekolah dasar negeri gugus 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Maratus Sholikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku ajar PKn kelas V sekolah dasar negeri gugus 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Maratus Sholikah

Sholikah, Maratus (2012) Analisis buku ajar PKn kelas V sekolah dasar negeri gugus 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Maratus Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis buku ajar kesuaian materi kebenaran bahasa kesesuaian sistem evaluasi PKn SD Kesadaran akan pentingnya buku ajar dalam proses belajar mengajar serta pergantian kurikulum mendorong para penulis dan penerbit untuk lebih produktif dan kreatif sehingga muncul buku-buku ajar dengan berbagai penampilan untuk dapat lebih menarik konsumen yang terdiri dari para peserta didik dan para guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kesesuaian materi dalam buku ajar dengan kurikulum (2) mendeskripsikan tingkat kebenaran bahasa yang digunakan dalam buku ajar (3) mendeskripsikan tingkat kesesuaian sistem evaluasi dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku ajar PKn Kelas V karangan Setiati Widihastuti dan Fajar Rahayuningsih terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Ditemukan 53 materi dalam buku ajar 29 materi sesuai dengan kurikulum dan 14 materi tidak sesuai. Terdapat kesalahan penggunaan tanda baca struktur kalimat dan kelengkapan paragraf. Terdapat 134 sistem evaluasi kemampuan kognitif 33 sistem evaluasi kemampuan afektif dan tidak terdapat sistem evaluasi kemampuan psikomotorik. Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa dengan persentase 55% relevansi isi materi dengan kurikulum masih terdapat ketidaksesuaian dengan indikator yang harus dicapai. Kebenaran bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah dan tata bahasa Indonesia yang berlaku. Sistem evaluasi yang digunakan belum sesuai dengan kurikulum karena hanya mencakup sistem evaluasi kemampuan kognitif dan afektif saja. Tidak terdapat sistem evaluasi pada kemampuan psikomotorik. Saran-saran dari hasil penelitian (1) guru hendaknya menelaah terlebih dahulu isi buku ajar sebelum digunakan dengan memperhatikan kesesuaian materi yang ada dengan kurikulum yang berlaku (2) peneliti lain hendaknya dapat meneliti materi buku ajar dan ilustrasi dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa (3) penulis buku ajar hendaknya merevisi buku ajar terutama untuk kesesuaian materi dan sistem evaluasi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104289

Actions (login required)

View Item View Item