Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hitung campuran pada bilangan cacah di SDN Bareng 3 Kota Malang / Dessy Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hitung campuran pada bilangan cacah di SDN Bareng 3 Kota Malang / Dessy Fitriani

Fitriani, Dessy (2012) Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hitung campuran pada bilangan cacah di SDN Bareng 3 Kota Malang / Dessy Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kesalahan hitung campuran bilangan cacah Dalam kurikulum pendidikan dasar anak SD kelas III diharapkan sudah menguasai operasi hitung campuran bilangan cacah. Namun berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 9 Desember tahun 2011 di kelas III SDN Bareng 3 Malang ditemukan bahwa masih banyak kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal hitung campuran. Kesalahan tersebut berupa kesalahan dalam memahami konsep matematika maupun prosedur pengerjaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan pola-pola kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hitung campuran dan faktor penyebab dari munculnya kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IIIA IIIB dan IIIC SDN Bareng 3 Kota Malang. Tes tertulis diberikan kepada 114 siswa dengan 10 soal yang dikerjakan dalam waktu 70 menit. Setelah dilaksanakan tes maka peneliti melakukan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu membandingkan data hasil tes dengan hasil wawancara. Dari penelitian tersebut ditemukan jawaban siswa yang beranekaragam dengan berbagai jenis kesalahan yang berbeda. Berbekal dari fakta tersebut maka dilakukan analisis dan identifikasi sehingga diperoleh beberapa pola kesalahan sedangkan faktor penyebab kesalahan diklarifikasi dengan melakukan wawancara. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) kesalahan konseptual yang dilakukan siswa antara lain kesalahan melakukan penjumlahan pengurangan perkalian pembagian dan pemahaman nilai tempat (2) kesalahan prosedural antara lain kesalahan menuliskan soal proses pengerjaan penyelesaian tidak dilanjutkan dan kesalahan akibat tulisan sulit dibaca. Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut antara lain siswa kurang teliti saat menuliskan soal mengerjakan soal melakukan 4 operasi hitung bilangan cacah tidak hafal perkalian dan pembagian bilangan 1 sampai 10 tidak menguasai prosedur pengerjaan perkalian dan pembagian dengan cara bersusun dan tidak menguasai prosedur pengerjaan hitung campuran bilangan cacah. Berdasarkan hasil dan kelemahan penelitian ini disarankan (1) Guru sebaiknya lebih memperhatikan siswa dalam hal ketelitian mulai dari menuliskan soal sampai proses pengerjaan hingga akhir (2) Kesalahan yang muncul dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran yang dilakukan (3) Peneliti selanjutnya sebaiknya dapat mencari faktor lain yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan (4) siswa sebaiknya belajar dari kesalahan agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104285

Actions (login required)

View Item View Item