Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui strategi guided writing siswa kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar / Umi Sa`idah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui strategi guided writing siswa kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar / Umi Sa`idah

Sa`idah, Umi (2012) Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui strategi guided writing siswa kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar / Umi Sa`idah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci surat pribadi guided writing. Hasil observasi kegiatan pembelajaran menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan antusiasme siswa guru belum mengoptimalkan media pembelajaran guru langsung memberikan tugas kepada siswa dan guru juga tidak membimbing siswa selama mengerjakan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi guided writing dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi siswa di kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat pribadi melalui strategi guided writing siswa kelas IV SDN Sumberjati Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kualititatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus selama 3 kali pertemuan. Setiap siklus diawali dengan tahap perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi baik untuk aktivitas guru maupun siswa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan strategi guided writing dalam pembelajaran menulis surat pribadi diperoleh presentase hasil belajar siswa yang terus meningkat dari tahap pratindakan siklus I sampai siklus II. Pada pratindakan ketuntasan belajar siswa hanya 36% (5 siswa) dari 14 siswa. Pada siklus 1 rata-rata persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 43% menjadi 79% (11 siswa) dari 14 siswa. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa telah mencapai 93% (13 siswa) dari 14 siswa. Hal ini berarti penerapan strategi guided writing dalam pembelajaran menulis surat pribadi siswa kelas IV SDN Sumberjati telah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi guided writing dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis surat pribadi. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan strategi guided writing pada pembelajaran menulis surat pribadi supaya dapat meningkatkan belajar siswa di SDN Sumberjati Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104284

Actions (login required)

View Item View Item