Perbedaan penggunaan blok pecahan dan "bujur" pecahan terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Kedungkandang 2 Malang / Hari Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan blok pecahan dan "bujur" pecahan terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Kedungkandang 2 Malang / Hari Setyorini

Setyorini, Hari (2012) Perbedaan penggunaan blok pecahan dan "bujur" pecahan terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Kedungkandang 2 Malang / Hari Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Blok pecahan bujur pecahan perbedaan hasil belajar. Sekolah Dasar merupakan unit lembaga pendidikan yang diberi tugas khusus oleh masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan dasar secara sistematis. Pendidikan ditingkat dasar bertujuan untuk membekali siswa dengan dasar-dasar kemampuan yang diperlukan sehari-hari. Media pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan materi pelajaran dari guru kepada murid sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu blok pecahan dan bujur pecahan dengan materi pokok pecahan terutama pada operasi penjumlahan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimen). Rancangan true eksperimen digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan media yang berbeda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan siswa kelas IV B SDN Kedungkandang 2 Malang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan media. Instrumen pengukuran penelitian ini yaitu intrumen hasil belajar yang terdiri dari pre-tes dan post-tes. Masing-masing instrumen terdiri dari 15 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen II dengan menggunakan media bujur pecahan lebih baik daripada kelas eksperimen I dengan menggunakan media blok pecahan. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 80 26 dengan persen ketuntasan 83 87% sedangkan kelas eksperimen I sebesar 72 27 dengan persen ketuntasan 74 19%. Uji t juga menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen II lebih baik daripada kelas eksperimen I hal ini dibuktikan dengan thitung ttabel yaitu 1 911 1 672. Dari paparan data di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan blok pecahan dibandingkan dengan menggunakan bujur pecahan dengan materi pokok pecahan terutama pada operasi penjumlahan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu diharapkan peneliti berikutnya menggunakan perbedaan media blok pecahan dan bujur pecahan pada operasi pecahan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104283

Actions (login required)

View Item View Item