Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Kaweron 01 Kabupaten Blitar / Riris Frilia Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Kaweron 01 Kabupaten Blitar / Riris Frilia Kurniawati

Kurniawati, Riris Frilia (2012) Peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekitar siswa kelas IV SDN Kaweron 01 Kabupaten Blitar / Riris Frilia Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis deskripsi lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan belajar menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Kaweron 0I Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV SDN Kaweron 01 Kabupaten Blitar. Instrumen penelitian ini meliputi dokumentasi lembar observasi dan lembar tes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan 2 siklus masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi antara lain nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 69 dan siklus II sebesar 86. Sedangkan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat ditunjukan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 65 siklus I 73 dan siklus II 87. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 30% siklus I sebesar 70% dan siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru memanfaatkan lingkungan sekitar untuk materi pelajaran yang lain agar siswa senang dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menciptakan pelajaran yang inovatif agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Bagi siswa disarankanagar aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan selalu berlatih menulis terutama menulis deskripsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104282

Actions (login required)

View Item View Item