Penerapan metode bercerita dengan media gambar seri untuk meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar / Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode bercerita dengan media gambar seri untuk meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar / Winarti

Winarti (2012) Penerapan metode bercerita dengan media gambar seri untuk meningkatkn kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar / Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Bercerita Kemampuan Bahasa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan bahwa kemampuan bercerita anak kelompok B masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui bahwa lebih dari separoh jumlah anak didik mengalami kesulitan. Penyebab kesulitan dikarenakan metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran belum sesuai dengan karakteristik anak. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan pemecahan masalah dengan menerapkan metode bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dengan menggunakan media gambar seri setelah menerapkan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah semua anak didik kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar dengan jumlah 14 anak didik. Penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaksana (pengajar) sekaligus observer yang dibantu oleh mitra peneliti yaitu Guru Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar. Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Bitar meningkat dengan menerapkan metode bercerita dengan media gambar seri. Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan media gambar seri. Anak merasa senang dalam melaksanakan tugas dari guru. Dengan menerapkan metode bercerita keberanian anak rasa percaya diri anak berkembang sehingga berdampak pada keberanian anak dalam menceritakan dan mengurutkan isi cerita gambar seri. Sehingga kemampuan menceritakan dan mengurutkan isi gambar seri anak kelompok B TK Al Hidayah 03 Candirejo Blitar serta kualitas proses pembelajaran mengurutkan isi gambar seri meningkat dengan menerapkan metode bercerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104281

Actions (login required)

View Item View Item