Meningkatkan disiplin kelas melalui penerapan pendekatan analitik pluralistik pada pembelajaran ips kelas v sdn cemorokandang 02 malang / Noviana Putri Naryuniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan disiplin kelas melalui penerapan pendekatan analitik pluralistik pada pembelajaran ips kelas v sdn cemorokandang 02 malang / Noviana Putri Naryuniasari

Naryuniasari, Noviana Putri (2012) Meningkatkan disiplin kelas melalui penerapan pendekatan analitik pluralistik pada pembelajaran ips kelas v sdn cemorokandang 02 malang / Noviana Putri Naryuniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci disiplin kelas analitik pluralistik IPS. Sebagai tenaga profesional seorang guru dituntut mampu mengatasi berbagai masalah pengelolaan kelas khususnya dalam hal menciptakan dan mempertahankan kedisiplinan selama pembelajaran dengan menggunakan sepuluh pendekatan pengelolaan kelas. Salah satu pendekatan pengelolaan kelas yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah disiplin kelas adalah pendekatan analitik pluralistik dengan menggabungkan pendekatan pengelolaan kelas yang potensial untuk mengatasi masalah kedisiplinan yang terjadi selama pembelajaran. Berdasarkan wawancara dan observasi pembelajaran IPS kelas V SDN Cemorokandang 02 tanggal 23 Januari 2012 dapat dinyatakan tingkat kedisiplinan siswa masih rendah. Hal itu dikarenakan salahnya persepsi siswa terhadap mata pelajaran IPS yang dianggap membosankan dan penuh dengan hafalan sehingga mengakibatkan timbulnya perilaku-perilaku menyimpang dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan analitik pluralistik untuk meningkatkan disiplin kelas dan mendeskripsikan peningkatan disiplin kelas pada pembelajaran IPS kelas V SDN Cemorokandang 02 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cemorokandang 02 Kota Malang pada siswa kelas V dengan jumlah 43 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelanggaran disiplin yang dilakukan siswa seperti mengobrol ketika guru menjelaskan duduk tidak pada tempatnya menyampaikan pendapat dengan berteriak sebelum ditunjuk dan sebagainya berkurang sedangkan kedisiplinan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kedisiplinan meningkat sebanyak 21% dan 30% pada siklus II Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan analitik pluralistik dapat meningkatkan disiplin kelas yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang disiplin dan berkurangnya pelanggaran yang dilakukan siswa selama pembelajaran. Adapun saran bagi peneliti lain hendaknya mampu memilih dan menerapkan tindakan yang sesuai untuk meningkatkan kedisiplinan dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda. Tidak semua siswa yang diberikan perlakuan yang sama dengan siswa lain mampu meningkatkan kedisiplinan sehingga diperlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104280

Actions (login required)

View Item View Item