Maftuhah, Niken Rifa`atul (2012) Analisis pertanyaan bacaan dalam buku teks bahasa indonesia kelas IV berdasarkan taksonomi bloom/ Niken rifa`atul maftuhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pertanyaan bacaan buku teks sd dan taksonomi bloom. Buku teks adalah buku yang disusun/dirancang oleh para ahli dalam bidang tertentu untuk digunakan anak didik dalam belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Perlu adanya penelitian tentang pertanyaan-pertanyaan bacaan yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Karena pertanyaan dalam buku teks bahasa Indonesia sangat penting bagi siswa dalam pembelajaran bahasa dan pemahamannya mengenai bahasa Indonesia untuk menentukan kualitas hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan hasil yaitu sebuah informasi yang objektif tentang gambaran atau deskripsi tingkat pertanyaan yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia SD kelas IV dan (2) gambaran tentang tingkat pertanyaan yang muncul dalam buku teks bahasa Indonesia SD kelas IV karangan Hanif Nurcholis dan Mafrukhi berdasarkan taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis buku. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan deskripsi objektif tentang jenis-jenis tingkat pertanyaan dalam buku teks itu berdasarkan taksonomi Bloom. Sehingga hasil penelitian berupa kata-kata tertulis dari hasil analisis pertanyaan bacaan dalam buku teks bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. kategori tingkatan taksonomi Bloom (1) ada 56 buah pertanyaan bacaan atau 49 56% yang menggunakan kategori tingkat Pengetahuan/C1 (2) ada 20 buah pertanyaan bacaan atau 17 70% yang menggunakan kategori tingkat Pemahaman/C2 (3) ada 20 buah pertanyaan bacaan atau 17 70% yang menggunakan kategori tingkat Penerapan/C3 (4) ada 5 buah pertanyaan bacaan atau 4 42% yang menggunakan kategori tingkat Analisis/C4 (5) ada 5 buah pertanyaan bacaan atau 4 42% yang menggunakan kategori tingkat Sintesa/C5 (6) ada 7 buah pertanyaan bacaan atau 6 20% yang terdapat pada buku teks bahasa Indonesia SD yang menggunakan kategori tingkat Evaluasi/C6. 2. Kategori tingkat taksonomi Bloom tidak semuanya sering muncul. Sehingga dapat dikatakan kategori tingkat taksonomi Bloom lainnya kurang mampu menunjang pertanyaan bacaan dalam buku tersebut. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberikan saran antara lain (1) kepada penyusun buku hendaknya memperhatikan dalam pembuatan pertanyaan bacaan agar tidak hanya terpusat pada satu aspek saja serta adanya format balikan pada setiap buku. (2) guru sebaiknya tidak hanya menggunakan satu buku teks saja. Tetapi memanfaatkan buku teks lain yang sesuai dengan perkembangan siswa SD khususnya kelas IV dan guru sebaiknya membuat buku ajar sendiri (3) kepada para peneliti selanjutnya lebih baik mengambil sempel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |