Ningtyas, Dyah Puspita (2012) Peningkatan keterampilan menulis deskriptif dengan menggunakan teknik guided writing di kelas IV SDN Karangbendo 03 Kabupaten Blitar / Dyah Puspita Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keterampilan menulis diskripsi teknik guidedd writing Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang berlangsung kurang dapat melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis. Guru cenderung lebih dominan pada pembelajaran teori keBahasaan saja dan kurang menekankan aspek yang akan dinilai khususnya penerapan keterampilan menulis sehingga sebagian besar siswa masih kesulitan pada saat mengungkapkan pendapatnya secara tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini mengakibatkan 69% siswa belujm mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran teknik Guided Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SDN Karangbendo 03 Kabupaten Blitar 2) mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis melalui model pembelajaran teknik Guided Writing siswa kelas IV SDN Karangbendo 03 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan pelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kolaboratif menggunakan acuan model siklus PTK. Setiap siklus terdiri dari planning acting observing reflecting dan revise plan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Karangbendo 03 Kabupaten Blitar dengan subyek siswa kelas IV sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi. Instrumen penelitianyang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes. Data dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis melalui model teknik Guided Writing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbendo 03 Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pra tindakan sebesar 57 15% siklus I sebesar 69 76% dan siklus II sebesar 84 53%. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 31% siklus I sebesar 46 % dan siklus II sebesar 85%. Pembelajaran menulis dengan menggunakan teknik Guided Writing menunjukkan adanya peningkatan 54%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis uru dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan teknik Guided Writing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |