Peningkatan kemampuan berbicara melalui model problem posing pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo Kabupaten Blitar / Fenny Ferawati Vajrien - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara melalui model problem posing pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo Kabupaten Blitar / Fenny Ferawati Vajrien

Vajrien, Fenny Ferawati (2012) Peningkatan kemampuan berbicara melalui model problem posing pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo Kabupaten Blitar / Fenny Ferawati Vajrien. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peningkatan kemampuan berbicara model problem posing Berdasarkan hasil observasi pembelajaran kemampuan berbicara pada siswa kelas V dalam materi mengomentari persoalan terdapat (1) proses pembelajaran masih didominasi oleh guru (2) sedangkan siswa masih pasif duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru dan (3) hasil perolehan nilai berbicara siswa dalam mengomentari suatu persoalan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu dari 11 siswa hanya terdapat 4 siswa yang mendapat nilai di atas 60 dan 7 siswa mendapat nilai di bawah KKM yaitu di bawah 60. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menjelaskan penerapan model Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo Kabupaten Blitar dan (2) mengetahui dan menjelaskan model Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbicara menggunakan model problem posing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil pada pratindakan adalah 59 siklus I adalah 71 dan siklus II adalah 85 5. Ketuntasan belajar secara klasikal pada pratindakan sebesar 36% pada siklus I sebesar 73% dan pada siklus II mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbicara menggunakan model problem posing dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V MI Darut Taqwa Sidorejo. Oleh karena itu disarankan untuk menerapkan model problem posing dalam pembelajaran berbicara. Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat diberikan saran yaitu adanya tindak lanjut berupa penyebarluasan model problem posing dan Dalam pembelajaran berbicara guru hendaknya tidak terlalu fokus pada hasil siswa namun lebih fokus pada proses berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104274

Actions (login required)

View Item View Item