Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model pembelajaran example non example di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar / Nova Hariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model pembelajaran example non example di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar / Nova Hariana

Hariana, Nova (2012) Peningkatan hasil belajar bangun datar melalui model pembelajaran example non example di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar / Nova Hariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Hasil Belajar Bangun Datar Model Pembelajaran Example Non Example. Berdasarkan hasil observasi permulaan yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN Kauman 2 Kota Blitar pada pelaksanaan pembelajaran sifat-sifat bangun datar ditemukan suatu masalah yaitu dari 18 siswa hanya 6 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 60 sedangkan 12 siswa masih belum dapat mencapai KKM. Banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Example Non Example pada pembelajaran bangun datar di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar (2) Apakah model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatan hasil belajar tentang bangun datar di kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah penelitian berupa perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes lembar hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran Example Non Example di SDN Kauman 2 diterapkan dalam tujuh langkah yaitu 1) guru mempersiapkan gambar example non example 2) guru menempelkan gambar bangun datar dipapan tulis 3) guru menjelaskan cara menganalisis gambar bangun datar 4) guru membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa untuk menganalisis dan mendiskusikan gambar example dan non example 5) siswa membacakan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain mengkomentari 6) guru menjelaskan materi berdasarkan hasil diskusi kelompok 7) siswa membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari. Setelah menggunakan model pembelajaran Example Non Example dalam pembelajaran hasil belajar siswa pada materi bangun datar meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata LKK siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4 poin. Selain itu peningkatan juga dilihat dari banyaknya siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 3 % sampai 11 % dari tahap pratindakan ke siklus I. Sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 22 % sampai 45 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa tentang bangun datar. Peneliti hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan dan memilih model pembelajaran agar pembelajaran dikelas lebih menyenangkan dan siswa tidak bosan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104273

Actions (login required)

View Item View Item