Penggunaan diksi bahasa Jawa ragam krama dalam karangan siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Zubaidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan diksi bahasa Jawa ragam krama dalam karangan siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Zubaidah

Zubaidah (2012) Penggunaan diksi bahasa Jawa ragam krama dalam karangan siswa kelas V SDN Oro-oro Dowo Kota Malang / Zubaidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci diksi karangan siswa kelas V sekolah dasar bahasa Jawa Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia dengan sesama anggota masyarakat lain pemakai bahasa itu. Bahasa juga dipergunakan oleh seseorang untuk menyampaikan pesan kepada orang lain untuk keperluan lain yang diinginkan. Dalam menyampaikan sebuah informasi melalui bahasa tertulis diksi (pemilihan kata) merupakan unsur penting. Sebab persoalan diksi tidak hanya menyangkut pemilihan kata secara tepat dan sesuai melainkan meliputi persoalan gaya bahasa dan ungkapan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskriptifan penggunaan diksi bahasa Jawa ragam krama berdasarkan tingkat tutur ragam krama dalam karangan siswa dengan kriteria penilaian karangan yang terdiri atas jumlah paragraf dalam karangan ketepatan diksi bahasa Jawa ragam krama kepaduan dan kesesuaian tanda baca. Akan tetapi lebih difokuskan kepada penggunaan diksi dalam karangan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan judul yang sudah ditetapkan dalam tujuan penelitian maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes menulis karangan. Instrumen tersebut akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uraian paparan data hasil penelitian mengenai penggunaan diksi krama dalam karangan siswa kelas V di SDN Oro-oro Dowo Kota Malang terdapat 10 siswa penggunaan diksinya masih kurang tepat kemudian sisanya terdapat 14 siswa yang tidak tepat dalam penggunaan diksi. Kemudian pada penilaian karangannya terdapat 21 siswa mendapatkan nilai total untuk semua kriteria penilaian dalam karangannya terbilang cukup. Kemudian 3 siswa sisanya mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan uraian pada paparan data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan diksi bahasa jawa ragam krama dalam karangan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Oro-oro Dowo berdasarkan tingkat tutur kurang baik. Karena masih banyak siswa yang masih kurang tepat dalam penggunaan diksinya. Selanjutnya pada penilaian karangannya siswa juga sudah mendapatkan hasil yang cukup baik dengan kriteria yang sudah peneliti paparkan pada bab paparan data. Berdasarkan temuan hasil penelitian dikemukakan saran sebagai berikut (1) Kepada peneliti disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap hasil karangan dari kelas atau lingkungan yang berbeda. Hal ini penting dilakukan karena pemilihan kata dalam sebuah tulisan sangatlah besar manfaatnya. Dengan penelitian ini diharapkan memperoleh pemahaman tentang pilihan kata (diksi). (2) Siswa lebih banyak memperdalam mengenai diksi dengan pengolaan kosakata yang lebih lanjut baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan lainnya. Sehingga siswa mampu mengutarakan maksud dalam pembuatan karangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104271

Actions (login required)

View Item View Item