Kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif di kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi / Armawanti Yuanata - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif di kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi / Armawanti Yuanata

Yuanata, Armawanti (2012) Kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif di kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi / Armawanti Yuanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesalahan-kesalahan Menulis Kalimat Efektif. Bahasa memiliki peran sangat penting dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional siswa selain itu bahasa juga sebagai penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan dapat membantu siswa dalam mengemukakan gagasan dan perasaan berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Menulis dianggap sebagai suatu proses untuk menyampaikan pikiran pendapat atau gagasan yang muncul. Dalam menulis membutuhkan pemahaman menulis juga dapat diartikan sebagai ungkapan atau ekspresi perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Kalimat dikatakan efektif apabila berhasil menyampaikan pesan gagasan perasaan maupun pemberitahuan sesuai dengan maksud pembicara atau penulis. Untuk itu penyampaian harus memenuhi syarat sebagai kalimat yang baik yaitu strukturnya benar pilihan katanya tepat hubungan antar bagiannya logis dan ejaannya harus benar. Dalam penelitian ini difokuskan mengenai kesalahan-kesalahan siswa dalam menulis kalimat efektif pada komponen kesepadanan kehematan kesejajaran bentuk ketegasan atau penekanan kevariasian kecermatan dan kelogisan di kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti bertindak sebagai perencana pengambil data maupun pelapor dan tidak melibatkan orang lain. Penelitian ini dilakukan di SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Dipilihnya lokasi ini dikarenakan bertempat di daerah peneliti sehingga memudahkan peneliti dalam proses penelitian. Sedangkan waktu penelitian yaitu bulan Januari-April 2012. Sumber data pada penelitian ini adalah karangan siswa kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Dalam penelitian ini data terkumpul dari objek kemudian dianalisis secara deskriptif yaitu menjelaskan suatu permasalahan gejala atau keadaan sebagaimana adanya dan bukan menguji hipotesis. Dari uraian paparan data menunjukkan bahwa masih terdapat kesalahan-kesalahan penulisan kalimat efektif terutama pada aspek kehematan kevariasian dan ketegasan pada karangan siswa kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Sementara untuk kesepadanan kesejajaran bentuk kecermatan dan kelogisan sudah terpenuhi. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti dari siswa guru sumber pembelajaran dan media pembelajaran. Faktor inilah yang menyebabkan terjadinya banyaknya kesalahan-kesalahan penulisan kalimat efektif pada siswa kelas IV SDN Tempuran 1 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Hendaknya guru memberikan titik tekan pada penulisan kalimat efektif supaya siswa dapat menerapkan penulisan kalimat efektif dalam karangan. Selain itu dengan pembinaan dari guru akan menambah wawasan bagi siswa untuk dapat mengurangi kesalahan-kesalahan penulisan kalimat efektif dalam mengarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104269

Actions (login required)

View Item View Item