Hubungan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang / Pradhiavita Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang / Pradhiavita Rahmawati

Rahmawati, Pradhiavita (2012) Hubungan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang / Pradhiavita Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan SD Faktor dominan dalam pendidikan adalah guru. Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan cukup berperan dalam menentukan kualitas lulusan. Guru pada dasarnya selalu menyusun dan memiliki perangkat pembelajaran seperti Prota Promes Silabus RPP dan sebagainya. Walaupun tahap perencanaan guru sudah baik tetapi belum tentu dilaksanakan oleh guru tetapi hasil belajar yang diperoleh siswa baik. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara (1) perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran (2) perencanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa (3) pelaksanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa (4) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa yang mengikuti mata pelajaran PKn kelas IV SDN Gugus VIII Kecamatan Sukun Kota Malang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel random (sampel acak) dengan cara undian. Instrumen yang dipakai yaitu pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi berganda. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran rhitung 0 294 rtabel 0 950 (2) tidak ada hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan pembelajaran dengan hasil belajar siswa rhitung 0 132 rtabel 0 950 (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa rhitung 0 986 rtabel 0 950 (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama dengan hasil belajar belajar siswa Fhitung 452 750 Ftabel 199. Saran yang bisa diberikan sesuai dengan kesimpulan penelitian yaitu (1) sekolah dapat memberikan masukan kepada guru untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar kinerja guru menjadi maksimal (2) guru hendaknya lebih memperhatikan kualitas perencanaan yang telah disusun dan keseuaian pelaksanaan pembelajaran sebagai optimalisasi hasil belajar siswa (3) bagi peneliti lain perlu mempertimbangkan untuk mengembangkan indikator atau variabel yang sesuai dengan kondisi lokasi dan waktu penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104267

Actions (login required)

View Item View Item