Permasalahan minat baca pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Rina Isnaniyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Permasalahan minat baca pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Rina Isnaniyanti

Isnaniyanti, Rina (2012) Permasalahan minat baca pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang / Rina Isnaniyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat baca permasalahan minat baca siswa IPS SD. Mata pelajaran IPS jarang disukai oleh siswa-siswa. Seperti yang terdapat di kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang. Banyak yang mengatakan mata pelajaran IPS materinya banyak dan harus membaca serta menghafal. Beberapa siswa juga mengatakan bosan dan malas membaca. Sehingga banyak hambatan yang mempengaruhi minat baca siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Mendiskripsikan tentang minat baca siswa kelas V dan (2) Mendiskripsikan permasalahan yang menghambat minat baca siswa untuk membaca. Khususnya pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Tanjungrejo 5 Malang. Minat baca dapat diartikan sebagai suatu ketertarikan dalam mengelola bacaan untuk memperoleh pemahaman dari isi bacaan melalui proses berfikir dan aktivitas ini dilakukan dengan senang hati tanpa ada yang menyuruh. Minat baca sangat penting. Terutama pada mata pelajaran IPS. Karena IPS adalah ilmu yang selalu berkembang sesuai perkembangan jaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi angket tertutup dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kecukupan referensial dan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Minat baca siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Tanjungrejo Kota Malang masih tergolong rendah. 57.40 % siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang kurang gemar membaca. (2) Ada beberapa permasalahan yang siswa alami selama ini terkait dengan minat baca pada mata pelajaran IPS kelas V. Diantaranya permasalahan berasal (a) dari dalam diri siswa itu sendiri (b) dari kegiatan pembelajaran (c) dari orang tua (d) dari fasilitas sekolah (e) dari kurangnya buku penunjang yang relevan dengan IPS. Dapat disimpulkan (1) minat baca siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Tanjungrejo 5 Malang masih rendah. (2) Adanya beberapa permasalahan yang menghambat minat baca mereka. Saran penelitian ini dapat dijadikan acuan guru dan sekolah dalam meningkatkan dan memotivasi minat membaca siswa terutama untuk mata pelajaran IPS. Dan dapat digunakan oleh peneliti lain untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan minat baca siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104265

Actions (login required)

View Item View Item