Pemanfaatan pasar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas III sekolah dasar negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Anis Dyan Arumalasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan pasar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas III sekolah dasar negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Anis Dyan Arumalasari

Arumalasari, Anis Dyan (2012) Pemanfaatan pasar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas III sekolah dasar negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Anis Dyan Arumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Pasar Sumber Belajar Pembelajaran IPS Peranan guru dalam pembelajaran yaitu menggunakan berbagai sumber belajar termasuk memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah contohnya pasar. Dengan memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar maka siswa dapat mempelajari proses jual beli secara langsung siswa dapat melakukan wawancara dengan penjual dan pembeli siswa dapat membuat daftar barang dagangan beserta harganya. Dengan demikian pengetahuan yang diperoleh siswa akan melekat erat dalam ingatan sehingga pembelajaran akan menjadi bermakna. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan pasar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas III Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas III. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas III Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data berupa observasi angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Sebagian kecil guru kelas III Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar pernah memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar bagi siswa dalam pembelajaran IPS sehingga kualifikasi guru masih kurang dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar bagi siswa. Guru memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar siswa terkait materi jual beli. Pasar dimanfaatkan untuk kegiatan observasi mengenai proses transaksi jual beli mengamati keadaan pasar tradisional mengamati interaksi antar pedagang dan mencatat barang-barang yang diperjualbelikan di pasar tradisional. Guru mengalami kendala dalam mengelola siswa dan mengelola waktu. (2) Dalam kegiatan belajar mengajar siswa sangat antusias aktif dan responsif. Hasil belajar yang diperoleh siswa juga memuaskan. Dikatagorikan hasil belajar siswa baik proses maupun hasil sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Disarankan guru hendaknya memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar siswa agar siswa mengetahui kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan sekitarnya salah satunya kegiatan atau transaksi jual beli di pasar tradisional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104264

Actions (login required)

View Item View Item