Penerapan model problem solving untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas VI SDN Bangelan 04 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / HUda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem solving untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas VI SDN Bangelan 04 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / HUda

Huda (2012) Penerapan model problem solving untuk meningkatkan pembelajaran IPA di kelas VI SDN Bangelan 04 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / HUda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Solving Pembelajaran IPA SD Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam guru saat mengajar hanya mengandalkan metode ceramah guru tidak menggunakan media pembelajaran guru hanya menggunakan papan tulis untuk melaksanakan pembelajaran sehingga dapat dikatakan pembelajaran berpusat pada guru. Berdasarkan observasi aktivitas siswa terdapat beberapa kegiatan yang menyimpang saat proses belajar diantaranya 5 siswa tidak bekerjasama dengan temannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan kelompok 9 siswa pasif karena tidak mempunyai keinginan berpartisipasi menjawab pertanyaan guru dan terdapat 4 siswa yang melakukan tugas tidak sesuai dengan petunjuk guru karena bergurau. Adapun hasil belajar siswa dari soal ulangan harian pada mata pelajaran IPA tahun ajaran 2011/2012 standar kompetensi mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi . Terdapat 20 siswa memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal belajar dan hanya 6 siswa mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal belajar. Jumlah siswa keseluruhan yaitu 26 siswa dengan nilai rata-rata kelas (64 62 75). Padahal nilai sesuai standar kriteria ketuntasan minimal belajar adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran problem solving. 2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model problem solving. 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem solving pada pembelajaran IPA standar kompetensi mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi . Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI. Standar kompetensi mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem solving berturut-turut dari siklus 1 dan siklus 2 memperoleh nilai 91.5 dan 94. Aktivitas belajar siswa dalam belajar IPA meningkat ketika diterapkan model problem solving pada siklus 1 dan siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 76 dan 90. Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model problem solving nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal siklus 1 yaitu 78 meningkat menjadi 92 pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas VI SDN Bangelan 04 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Untuk itu disarankan agar guru menerapkan model problem solving pada standar kompetensi mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104263

Actions (login required)

View Item View Item