Peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 2 Sukorame Kabupaten Trenggalek / Ranti Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 2 Sukorame Kabupaten Trenggalek / Ranti Wulandari

Wulandari, Ranti (2012) Peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 2 Sukorame Kabupaten Trenggalek / Ranti Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar bilangan bulat CTL. Proses pembelajaran matematika di SDN 2 Sukorame guru melakukan ceramah guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa secara abstrak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman konsep sehingga hasil belajar yang diperoleh tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan CTL dan hasil belajar dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2011/2012 serta mendiskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran bilangan bulat melalui model pembelajaran CTL pada siswa kelas IV. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Sukorame Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) tes (3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan model pembelajaran CTL pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yaitu 1) siswa membangun pengetahuan yang dimilikinya dengan menanggapi permasalahan berdasarkan pengalaman yang dimiliki (constructivism) 2) siswa membangun sebuah konsep dengan menganalisis beberapa permasalahan (inquiry) 3) siswa aktif bertanya jawab tentang materi yang dipelajari (question) 4) siswa aktif bekerjasama dalam kelompok (learning community) 5) siswa aktif dan antusias untuk melakukan pemodelan menggunakan media di depan kelas 6) siswa aktif menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan memberikan kritik serta saran terhadap pembelajaran yang telah berlangsung 7) siswa antusias mengerjakan tes akhir dan guru juga melakukan penilaian proses. Hasil penelitian melalui model pembelajaran CTL dapat mengatasi masalah pembelajaran. Hal tersebut diketahui pada hasil belajar pada pratindakan 15 % siklus I dengan ketuntasan 77% sedangkan siklus II tingkat ketuntasan mencapai 100%. Dari angka persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pratindakan siklus I siklus II menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan model pembelajaran CTL sebagai suatu alternatif untuk memberikan pemahaman tentang konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan siswa disarankan untuk aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104262

Actions (login required)

View Item View Item