Analisis kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada karangan narasi siswa kelas V SDN Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Safitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada karangan narasi siswa kelas V SDN Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Safitriana

Safitriana (2012) Analisis kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada karangan narasi siswa kelas V SDN Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Safitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Analisis Kesalahan Ejaan yang Disempurnakan Karangan Narasi SD. Kesalahan siswa dalam belajar bahasa merupakan sesuatu yang wajar terjadi namun apabila kesalahan dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang kurang baik dan cenderung terulang kembali. Kesalahan-kesalahan dalam berbahasa siswa khususnya bahasa tulis harus diminimalisir. Hal ini dapat dilakukan apabila guru mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan pengetahuan siswa dalam penggunaan EYD pada karangan narasi siswa kelas V SDN gugus 7 Sukun Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan penggunaan EYD pada penulisan huruf kapital penulisan kata dan penulisan tanda baca dalam karangan narasi siswa kelas V SDN gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif (kuantitatif deskripsi). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa SDN gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang yang terdapat 5 SDN yaitu SDN Pisangcandi 1 SDN Pisangcandi 2 SDN Pisangcandi 3 SDN Pisangcandi 4 dan SDN Percobaan 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kepada siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data dari siswa kelas V SDN gugus 7 Sukun Kota Malang diperoleh hasil bahwa (1) kesalahan penggunaan huruf besar/kapital pada karangan narasi yang telah disempurnakan oleh siswa mencapai 889 kesalahan dari jumlah keseluruhan kesalahan penggunaan EYD 2587 kesalahan atau 34 36% termasuk dalam kategori agak banyak (2) kesalahan penulisan kata pada karangan narasi yang telah disempurnakan oleh siswa mencapai 361 kesalahan dari jumlah keseluruhan kesalahan penggunaan EYD 2587 kesalahan atau 13 95% termasuk dalam kategori sedikit (3) kesalahan penggunaan tanda baca karangan narasi yang telah disempurnakan oleh siswa mencapai 1337 kesalahan dari jumlah keseluruhan kesalahan penggunaan EYD 2587 kesalahan atau 51 68% termasuk dalam kategori banyak. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada para guru di SDN Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang diharapkan selalu membelajarkan bahasa yang baik dan sesuai dengan kaidah bahasa yang benar selain itu guru hendaknya menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam mengarang agar kesalahan tidak terulang kembali. Bagi para peneliti lebih lanjut disarankan untuk melakukan penelitian beberapa kali tidak hanya satu kali dan dilakukan cross cek dengan guru kelasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104261

Actions (login required)

View Item View Item