Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto / Efi Lindasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto / Efi Lindasari

Lindasari, Efi (2012) Hubungan minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto / Efi Lindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Baca Menulis Puisi SD Membaca dan menulis sebagai aktivitas komunikasi ibarat mata uang logam yang sisi-sisinya saling melengkapi. Antara membaca dan menulis terdapat hubungan yang saling menunjang dan melengkapi. Artinya kebiasaan membaca tidak mungkin terlaksana tanpa kebiasaan menulis atau mengarang sebaliknya kebiasaan menulis tidak akan bermakna tanpa diikuti oleh kebiasaan membaca. Minat baca tidak selalu timbul dengan sendirinya pada diri seseorang termasuk anak-anak. Minat baca anak-anak perlu dikembangkan sejak masih di bangku Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat baca dan keterampilan menulis puisi serta untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara minat baca dengan keterampilan puisi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto tanggal 7 April sampai 14 April 2012. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian korelasional. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisis korelasi serial. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner atau angket dan dokumentasi yang berasal dari tulisan hasil karya siswa. Dari hasil analisis data diperoleh sebagian kecil (32%) siswa yang minat bacanya tinggi sebagian besar (67%) siswa yang minat bacanya sedang hampir tidak ada (1%) siswa yang minat bacanya rendah. Secara umum rata-rata minat baca siswa cukup (x 61 09 61 09%). Sedangkan sebagian besar (73 26%) siswa yang keterampilan menulis puisinya cukup sebagian kecil (23 26%) siswa yang keterampilan menulis puisinya rendah hampir tidak ada (3 47%) siswa yang keterampilan menulis puisinya baik. Secara umum rata-rata keterampilan menulis puisi siswa tergolong baik (x 66 41 66 41%). Dari hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN se-Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto (thitung sebesar 34 3116 lebih besar dari ttabel sebesar 1 968). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat baca dengan keterampilan menulis puisi siswa. Dan disarankan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan kegiatan membaca. Bagi orang tua agar selalu mendorong dan menanamkan kebiasaan membaca pada anak sejak dini. Bagi guru diharapkan mampu membangkitkan minat baca siswa dengan membuat sudut baca di kelas. Bagi kepala sekolah hendaknya berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104260

Actions (login required)

View Item View Item