Perbedaan penerapan model brainstorming dengan model konvensional terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Wonokerto 02 Kabupaten Malang / Wilujeng Winda Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan model brainstorming dengan model konvensional terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Wonokerto 02 Kabupaten Malang / Wilujeng Winda Dewi

Dewi, Wilujeng Winda (2012) Perbedaan penerapan model brainstorming dengan model konvensional terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn di SDN Wonokerto 02 Kabupaten Malang / Wilujeng Winda Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Brainstorming Model Konvensional Aktivitas Hasil Belajar PKn SD. Dalam pembelajaran terjadi interaksi yang intensif antara guru dan siswa. Guru harus bisa memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran sehingga dapat memudahkan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas V melalui pembelajaran model Brainstorming dan pembelajaran model Konvensional pada mata pelajaran PKn 2) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas V melalui pembelajaran model Brainstorming dan pembelajaran model Konvensional pada mata pelajaran PKn. Model Brainstorming merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai sarana siswa untuk saling menghargai sehingga siswa berani untuk mengungkapkan ide-ide yang dimilikinya tanpa mendapatkan kritik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SDN Wonokerto 02 kabupaten Malang pada tahun ajaran 2011/201. Materi pokok yang diajarkan adalah keputusan bersama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu data hasil belajar dan data aktivitas belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan rata-rata dan uji hipotesis. Data aktivitas belajar siswa diuji dengan menggunakan uji Mann Whitney. Dari hasil uji hipotesis hasil belajar diketahui t hitung 4 930 t tabel 2 011 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari uji hipotesis aktivitas belajar siswa diketahui p hitung 0 007 p tabel 0 05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan aktivitas siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari siswa kelas kontrol. Saran untuk guru adalah hendaknya mengupayakan pembelajaran dengan model-model yang inovatif agar siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran dan hendaknya guru menerapkan model Brainstorming pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104258

Actions (login required)

View Item View Item