Pengaruh penggunaan strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v SDN Percobaan 2 Malang / Afitri Widyahasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v SDN Percobaan 2 Malang / Afitri Widyahasanah

Widyahasanah, Afitri (2012) Pengaruh penggunaan strategi Question Answer Relationship (QAR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v SDN Percobaan 2 Malang / Afitri Widyahasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi QAR kemampuan membaca pemahaman kelas V Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional siswa dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Peran bahasa tersebut juga berlaku pula pada bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional bangsa Indonesia. Membaca merupakan salah satu aspek dalampelajaran bahasa Indoneisa Salah satu strategi yang dapat membantu siswa untuk memiliki kemampuan membaca pemahaman yaitu strategi Question Answer Relationship (QAR). Masalah yang akan dibahas dalam penelitian yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Percobaan 2 baik yang menggunakan strategi QAR maupun tidak serta pengaruh penggunaan strategi QAR terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Percobaan 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan kuasi eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai tes kemampuan membaca siswa yang diperoleh melalui pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu juga digunakan data gain score yang merupakan selisih antara nilai pre-test dan nilai post-test. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data soal tes diujicobakan kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan analisis untuk menguji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test yaitu 81 1043 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 81 9396. Kemudian nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu 80 6156 dan 88 154. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Sig (2-tailed) sebesar 0 009 yang berarti kurang dari nilai 945 yaitu 0 05. Selain itu diperoleh pula bahwa t. hitung t. tabel yaitu 2 725 2 01. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi QAR terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Percobaan 2 Malang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh tiga kesimpulan. Pertama kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang yang pembelajarannya tidak menggunakan strategi QAR kurang memuaskan dan peningkatan rata-rata nilainya tidak besar. Kedua kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang yang pembelajarannya menggunakan strategi QAR terdapat peningkatan yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata yaitu yang cukup besar. Ketiga hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh strategi QAR yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Percobaan 2 Malang. Penulis memberikan saran kepada guru sekolah dan peneliti selanjutnya. Kepada guru disarankan untuk menggunakan strategi QAR dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca. Selain itu juga perlu diperhatikan tingkat keterbacaan dan kedekatan tema teks yang akan digunakan. Kepada sekolah hendaknya juga menerapkan di kelas pada tingkat lain dan jika memungkinkan bisa juga diterapkan pada pelajaran lain dengan memperhatikan karakteristik materi dan pelajaran tersebut. Kepada peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian dengan kajian yang lebih luas dan sampel yang lebih banyak agar hasil penelitian bisa digeneralisasikan pada populasi di wilayah lebih luas. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104257

Actions (login required)

View Item View Item