Pengaruh penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa kelas 1 SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Tunggil Elmi Nurwijana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa kelas 1 SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Tunggil Elmi Nurwijana

Nurwijana, Tunggil Elmi (2012) Pengaruh penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa kelas 1 SDN 02 Karanggandu Trenggalek / Tunggil Elmi Nurwijana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penggunaan Teknik Kolase Kreativitas Siswa Karya Seni Rupa Dua Dimensi SD. Kreativitas merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data informasi dan unsur-unsur yang ada. Kreativitas merupakan salah satu potensi yang dimiliki anak dan perlu dikembangkan sejak usia dini. Setiap anak memiliki bakat dan kreatif ditinjau dari segi pendidikan. Bakat kreatif dapat dikembangkan karena itu perlu untuk dipupuk atau dilatih sejak dini. Apabila bakat kreatif anak tidak dipupuk maka bakat tersebut tidak akan dapat berkembang bahkan menjadi bakat terpendam yang tidak dapat diwujudkan. Rumusan penlitian ini yaitu 1) Bagaimanakah kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa kelas IB dengan menggunakan teknik kolase di SDN 02 Karanggandu Trenggalek 2) Bagaimanakah kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa kelas IA tanpa menggunakan teknik kolase di SDN 02 Karanggandu Trenggalek 3) Adakah pengaruh penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa di kelas I SDN Karanggandu 02 Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 02 Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 42 anak dan semuanya diteliti sehingga disebut sampel total. Pengumpulan data menggunakan praktek langsung membuat teknik kolase. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai adalah 2 021 sedangkan nilai sebesar 4 900. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas siswa. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan penggunaan teknik kolase dapat mempengaruhi kreativitas siswa di kelas I SDN 02 Karanggandu Kecamatan watulimo Kabupaten Trenggalek. Saran dari penelitian ini yaitu 1) Saran bagi guru penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai bagaimana pengaruh penggunaan teknik kolase terhadap kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi pada siswa sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru atau pembelajar hendaknya dapat meningkatkan penggunaan teknik kolase dalam pembelajaran seni rupa kepada siswa SD agar dapat meningkatkan kreativitas berkarya seni rupa dua dimensi 2) Saran bagi peneliti lain peneliti mengharapkan adanya penelitian lanjutan yang berkaitan dengan penggunaan teknik kolase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104256

Actions (login required)

View Item View Item