Penerapan cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi paragraf siswa kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar / Zuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi paragraf siswa kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar / Zuliana

Zuliana (2012) Penerapan cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi paragraf siswa kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar / Zuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

kalimat utama paragraf Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar pada waktu pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut (a) metode yang digunakan guru masih monoton yaitu ceramah dan pemberian tugas (b) minat untuk membaca siswa kurang karena guru hanya menggunakan sumber pada buku paket. Hal tersebut mengakibatkan hanya 5 dari 14 siswa yang mencapai KKM. Penelitian ini betujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf siswa kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf siswa kelas IV SDN Bakung 01 Kabupaten Blitar melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas. Dilaksanakan dengan 2 kali siklus pembelajaran. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II 1 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer. Data dikumpulkan dengan instrumen observasi tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 94% . Persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 86% dan siklus II sebesar 94%. Pelaksanaan pembelajaran menemukan kalimat utama melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 58 57 siklus I 67 6 dan siklus II 82 00. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 36% siklus I 50% dan siklus II 79%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan agar dalam meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf guru hendaknya tetap memperluas pengetahuan dan belajar menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif salah satunya Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104253

Actions (login required)

View Item View Item