Implementasi tri-focus technique untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SDN Tlogomas I Kota Malang / Anna Harizatul Iffah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi tri-focus technique untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SDN Tlogomas I Kota Malang / Anna Harizatul Iffah

Iffah, Anna Harizatul (2012) Implementasi tri-focus technique untuk meningkatkan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas V SDN Tlogomas I Kota Malang / Anna Harizatul Iffah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teknik Tri-Focus Technique Keterampilan Membaca Cepat SD Berdasarkan observasi di lapangan yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang peneliti memberikan sebuah tes keterampilan membaca cepat. Berdasarkan tes tersebut diperoleh data bahwa hasil kecepatan membaca siswa belum mencapai ketuntasan minimal kecepatan membaca sebesar 170 kpm begitu pula dengan kemampuan siswa terhadap pemahaman isi pada tes cerita anak belum dapat mencapai ketuntasan minimal yaitu 60. Untuk itu penggunaan Tri-Focus Technique diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN Tlogomas 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Tri-Focus Technique pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SDN Tlogomas 1 Kota Malang aktivitas membaca cepat siswa dengan menerapkan Tri-Focus Technique pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 5 SDN Tlogomas 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan model siklus PTK dengan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan setiap pertemuan lamanya 2 x 35 menit. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan (planning) pelaksanaan (acting) dan pengamatan (observing) refleksi (reflecting) rencana perbaikan (revise plan). Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) Tes. Instrumen tes pada penelitian ini yaitu tes tertulis yang digunakan untuk mengukur keterampilan membaca cepat siswa meliputi kecepatan membaca dan memahami isi bacaan. (2) Observasi. Observasi terhadap penyusunan (RPP) aktifitas guru keaktifan siswa (3) Wawancara (4) Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dilakukan pada semester genap 2011/2012 mulai bulan Maret hingga akhir bulan April. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tlogomas 1 Kota Malang yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil kecepatan membaca siswa pada pra siklus mengalami peningkatan sebesar 31% pada siklus I selanjutnya meningkat sebesar 5% pada siklus II. Hasil peningkatan kemampuan pemahaman siswa terhadap isi bacaan pada pra siklus dan siklus I secara keseluruhan juga mengalami peningkatan sebesar 21% dan meningkat sebesar 14% pada siklus II. Hasil peningkatan kemampuan KEM siswa pada pra siklus dan siklus I secara keseluruhan juga mengalami peningkatan sebesar 49% dan meningkat sebesar 19% pada siklus II. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi Tri-Focus Technique dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SDN Tlogomas I Kota Malang. Penerapan teknik membaca Tri-Focus Technique diharapkan dapat diterapkan siswa untuk berbagai macam teks bacaan dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104251

Actions (login required)

View Item View Item