Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Wijiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Wijiasih

Wijiasih (2012) Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Wijiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci motivasi belajar status sosial ekonomi orang tua prestasi belajar Belajar merupakan kegiatan sehari-hari bagi siswa sekolah begitu juga pada siswa Sekolah Dasar. Motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa merupakan dua faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Karena belajar erat kaitannya dengan hasil atau prestasi yang ingin dicapai oleh siswa setelah belajar. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian mengenai pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1) Besarnya motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (2) Perbedaan status sosial ekonomi orang tua siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (3) Adanya pengaruh signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (4) Adanya pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (5) Adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasi kuantitatif. Data penelitian ini berupa nilai dari angket motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua siswa serta rata-rata nilai seluruh mata pelajaran yang tertulis pada rapor siswa tinggi semester1 tahun pelajan 2011/ 2012. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengolahan data pengklasifikasian data dan menguji hipotesis dengan menggunakan rumus regresi sederhana korelasi dan regresi berganda. Sebelum hipotesis diuji melaksanakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linieritas data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh 5 hasil penelitian yaitu (1) deskripsi besarnya motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (2) deskripsi tentang perbedaan status sosial ekonomi orang tua siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (3) adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (4) adanya pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2 (5) adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi di SDN Sumberrejo 2. Disarankan kepada peneliti lain untuk meningkatkan penelitian ini di kancah yang lebih luas mengingat pentingnya pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya siswa sekolah dasar bagi para pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104250

Actions (login required)

View Item View Item