Purwaeni, Alif Putri (2018) The implementation of Participation Point Systems (PPS) strategy to increase 8th graders' oral participation in English class in SMPN 15 Malang / Alif Putri Purwaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RANGKUMAN Purwaeni Alif Putri. 2018. Implementasi Strategi Participation Point System (PPS) untuk Meningkatkan Partisipasi Oral Siswa Kelas 8 di Kelas Bahasa Inggris di SMPN 15 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Penasihat (I) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata kunci participation point system penghargaan nyata motivasi partisipasi lisan. Pembelajaran yang berpusat pada siswa merupakan karakteristik kurikulum 13. Kegiatan belajar mengajar harus menempatkan siswa sebagai individu yang perlu belajar mandiri dan aktif di kelas. Dengan demikian keterlibatan siswa dalam kegiatan mengajar dan belajar adalah penting. Partisipasi lisan dianggap sebagai indikator keterlibatan siswa. Studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 15 Malang menunjukkan bahwa siswa kelas 8D tidak berpartisipasi dengan aktif saat di kelas Bahasa Inggris. Mereka cenderung menjadi siswa yang pasif yang hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Ketika guru Bahasa Inggris diwawancarai mengenai hal ini dia mengatakan bahwa siswa kelas 8D cenderung sangat pasif dan jarang sekali ditemukan siswa yang mau menjawab pertanyaan dari guru. Selain itu guru masih suka memberikan ceramah yang panjang selama di kelas sehingga siswa kurang tertarik pada kegiatan pembelajaran. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa menjadi pasif yaitu kurangnya motivasi persepsi siswa mengenai Bahasa Inggris yang dianggap tidak penting untuk dipelajari kurangnya upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa dan lingkungan atau suasana kelas yang kurang mendukung. Motivasi merupakan faktor utama dalam keaktifan siswa di dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi lisan siswa kelas 8D dengan menerapkan strategi Participation Point System (PPS) selama kelas Bahasa Inggris di SMPN 15 Malang. Peneliti memilih strategi PPS karena strategi ini cocok dan mudah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar guna mengatasi kepasifan siswa di kelas. Selain itu menggunakan penghargaan kecil yang nyata wujudnya membuat siswa merasakan penggapaian sebuah prestasi. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari Kemmis dan McTaggart (1988). Peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk mengumpulkan data yaitu checklist observasi catatan lapangan dan kuesioner untuk siswa. Setelah itu peneliti menganalisis data dan membuat kesimpulan apakah penelitian ini berhasil atau tidak. Dalam penelitian ini ada beberapa aktivitas siswa sebagai keterlibatan perilaku yang dihitung sebagai partisipasi lisan yaitu siswa dapat menjawab pertanyaan guru namun masih salah para siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan guru dengan benar dan para siswa dapat maju untuk v mempresentasikan dialog atau presentasi mereka mengekspresikan ide atau pendapat mereka mengakhiri pelajaran menjadi sukarelawan dalam kegiatan apa pun di kelas dll. Ketika para siswa berpartisipasi secara lisan mereka diberi stiker bintang (hadiah) secara langsung oleh guru. Dari hasil penelitian peneliti menemukan bahwa strategi Participation Point System (PPS) berguna untuk mengatasi siswa yang pasif. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi siswa untuk berpartisipasi lisan di dalam kelas Bahasa Inggris. Melalui penghargaan yang ditawarkan para siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris dan berkontribusi secara lisan dan aktif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu strategi Participation Point System (PPS) adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan partisipasi lisan siswa selama proses belajar mengajar. Strategi Participation Point System (PPS) juga mampu menciptakan lingkungan yang interaktif dan menyenangkan di dalam kelas. Peneliti menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris yang memiliki masalah yang sama dapat mempertimbangkan untuk menggunakan strategi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |