Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV pada pembelajaran peta konsep dan pembelajaran langsung di SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Ridha Resita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV pada pembelajaran peta konsep dan pembelajaran langsung di SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Ridha Resita Sari

Sari, Ridha Resita (2012) Perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas IV pada pembelajaran peta konsep dan pembelajaran langsung di SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Ridha Resita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model peta konsep hasil belajar IPA IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis melalui suatu proses penemuan. Pembelajaran IPA harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri. Namun pembelajaran yang banyak terjadi di sekolah adalah pembelajaran langsung secara ekspositori. Pembelajaran langsung menyebabkan siswa belajar dengan hafalan. Padahal IPA tidak cocok jika dipelajari dengan hafalan. Model pembelajaran peta konsep membantu siswa melihat makna materi pembelajaran secara komprehensif dalam setiap komponen konsep-konsep dan mengenali hubungan antar konsep-konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hasil belajar siswa pada pembelajaran peta konsep (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran langsung (3) perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran peta konsep dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi exsperiment). Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVC sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu RPP kisi-kisi soal kunci jawaban dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif degan bantuan program SPSS. Analisis dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata digunakan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan awal kedua kelas sampel sama dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 81 60 dan pada kelas kontrol adalah 72 58 kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dari Uji-t diperoleh hasil yaitu t- hitung 5 593 t- tabel 1 997 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model peta konsep dan yang diajar dengan pembelajaran langsung. Saran dari penelitian adalah agar model peta konsep dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan. Sebelum memulai pelajaran hendaknya mengkondisikan siswa untuk siap belajar mengkondisikan kelas serta memperhatikan alat/ media yang cocok dengan materi yang akan disampaikan dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104249

Actions (login required)

View Item View Item