Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Macanbang Tulungagung / Restu Dewi Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Macanbang Tulungagung / Restu Dewi Susilowati

Susilowati, Restu Dewi (2012) Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Macanbang Tulungagung / Restu Dewi Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan berbicara metode sosiodrama Hasil observasi awal di SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung diperoleh data bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V pada kompetensi dasar memainkan naskah drama dengan lafal intonasi dan ekspresi yang tepat guru masih menggunakan metode yang konvensional sehingga pembelajaran jarang melibatkan serta mengaktifkan siswa. Selain itu dari data hasil belajar siswa Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa rendah siswa tidak terbiasa berbicara dengan pelafalan dan intonasi yang benar. Siswa terlihat terbata-bata saat berbicara terpotong-potong saat berbicara tidak ada ekspresi dan intonasi datar. Siswa tidak antusias dalam pembelajaran. Terlihat ada siswa melamun bermain penggaris berbicara dengan teman dan mengantuk. Hasil belajar keterampilan berbicara siswa rata-rata tergolong rendah. Berdasarkan KKM yang telah ditetapkan yaitu 65 sebanyak 16 siswa dari 24 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Macanbang Tulungagung (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Macanbang kota Tulungagung melalui metode sosiodrama Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN Macanbang Kabupaten Tulungagung dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini terbukti pada setiap siklus indikator dapat tercapai dengan baik sesuai RPP yang dibuat yaitu dari skor rata-rata yang diperoleh 84 81 pada siklus I dan meningkat menjadi 97 2 pada siklus II. Pada penerapan metode sosiodrama persentase peningkatan sebesar 12 39. Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal itu dapat dilihat dari rata-rata hasil keterampilan berbicara pada Siklus I 63 9 meningkat menjadi 82 9. Pada keterampilan berbicara siswa terjadi peningkatan dengan persentase sebesar 18 4. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan metode sosio drama pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. (2) Penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan memerankan tokoh drama. Untuk itu disarankan agar guru menggunakan metode sosiodrama untuk dijadikan referensi metode pembelajaran dalm meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104248

Actions (login required)

View Item View Item