Problematika pembelajaran menulis puisi di kels V sekolah dasar Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Sutrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran menulis puisi di kels V sekolah dasar Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Sutrini

Sutrini (2012) Problematika pembelajaran menulis puisi di kels V sekolah dasar Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Sutrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problematika Pembelajaran Menulis puisi Pembelajaran merupakan perpaduan dari aktivitas mengajar menyangkut peranan seorang guru dalam menciptakan suasana kondusif sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar siswa dengan guru. Siswa dipandang sebagai subyek didik yang mempunyai peranan aktif dalam kelas. Kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di kelas harus dilakukan dengan menyenangkan agar siswa memiliki kompetensi dalam menulis khususnya menulis puisi. Hal tersebut tentu saja menuntut aktivitas dan kreativitas guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Keberhasilan dan kegagalan menulis puisi di sekolah juga banyak tergantung pada kemampuan guru yang memiliki tugas utama sebagai (1) perencana pembelajaran (2) pelaksana pembelajaran (3) penilai pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini pertama persepsi guru terhadap penguasaan materi menulis puisi kedua persepsi guru terhadap penyusunan perencanaan pembelajaran ketiga persepsi guru terhadap proses pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan catatan lapangan wawancara serta angket terhadap guru. Populasi penelitian ini sebanyak 51 orang guru dan diambil sampel sebanyak 13 orang guru. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian yaitu (1) guru kurang memahami subtansi materi tentang puisi (2) guru tidak menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran secara sempurna (3) guru tidak melaksanakan pembelajaran menulis puisi secara terorganisasi. Disarankan kepada guru-guru sekolah dasar agar menguasai materi-materi yang akan diberikan kepada siswa meyusun sendiri rencana pelaksanaan pembelajaran serta menggunakan media dan metode yang bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104247

Actions (login required)

View Item View Item