Peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui model penemuan terbimbing pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar / Mashuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui model penemuan terbimbing pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar / Mashuri

Mashuri (2012) Peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui model penemuan terbimbing pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar / Mashuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar perkalian pembagian model penemuan terbimbing Hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas II SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar pada waktu pembelajaran matematika diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 34 siswa hanya 10 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau 8805 60 sedangkan 24 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau 60. Temuan lain ketika pem-belajaran yaitu (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri konsep (2) penjelasan guru kurang dapat dipahami siswa dengan baik (3) siswa ramai di dalam kelas (4) tidak ada siswa yang bertanya pada guru tentang materi yang belum dikuasai. Berkaitan dengan itu maka diperlukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Penemuan Terbimbing. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimanakah penerapan model Penemuan Terbimbing tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah melalui model Penemuan Terbimbing pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan des-kriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan serta refleksi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Instru-men penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) wawancara (3) tes dan (4) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Penemuan Terbim-bing tentang perkalian dan pembagian bilangan cacah pada siswa kelas II di SDN Tuliskriyo 02 Kabupaten Blitar sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah 29 41% pada siklus I pertemuan 1 adalah 58 82% pertemuan 2 diperoleh ketuntasan belajar sebesar 91 18%. Pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar adalah 97 06% dan pada pertemuan 2 mencapai ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) penerapan model Penemuan Terbimbing oleh guru sudah sesuai dengan langkah-langkah model Penemuan Terbimbing (2) pembelajaran menggunakan model Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104246

Actions (login required)

View Item View Item