Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Sawijajar 1 Malang / Umi Nina Yaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Sawijajar 1 Malang / Umi Nina Yaroh

Yaroh, Umi Nina (2012) Penggunaan media peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Sawijajar 1 Malang / Umi Nina Yaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media peta aktivitas belajar hasil belajar IPS SD. Dari latar belakang SDN Sawojajar 1 Malang ditemukan bahwa pembelajaran IPS kelas IVB pada kompetensi dasar mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya tidak menggunakan media peta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media peta pada pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Sawojajar 1 Malang (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IVB SDN Sawojajar 1 Malang setelah penerapan media peta (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IVB SDN SDN Sawojajar 1 Malang setelah penerapan media peta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revise plan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan media Peta untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media peta pada pembelajaran IPS kelas IVB di SDN Sawojajar 1 Malang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti dari rata-rata aktivitas siswa 72 68 pada siklus I dan meningkat menjadi 79 48 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 71 24 pada siklus I dan meningkat menjadi 82 4 pada siklus II. Pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan prosentase sebesar 11 16 . Kesimpulan dari penelitian sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan media peta pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. (2) Penerapan media peta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi. (3) Penerapan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104243

Actions (login required)

View Item View Item