Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar / Heny Purwitosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar / Heny Purwitosari

Purwitosari, Heny (2012) Peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar / Heny Purwitosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca permulaan media balok huruf Hasil observasi pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar terdapat beberapa kekurangan diantaranya (1) guru hanya menggunakan metode ceramah (2) guru tidak menggunakan media sehingga siswa kurang berminat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan masih banyak siswa kelas I yang masih belum bisa membaca dengan lancar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media balok huruf dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca permulaan dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media balok huruf pada siswa kelas I SDN Plumbangan 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah penelitian berupa (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Data yang diperoleh berupa tes lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan media balok huruf ternyata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I. Pada tahap pratindakan rata-rata nilai kelas 63 dengan presentase ketuntasan klasikal 23%. Siklus I mengalami peningkatan 77 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 69%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebesar 84 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media balok huruf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104242

Actions (login required)

View Item View Item