Penerapan model Contextual Teaching learning (CTL) untuk meningikatkan pembelajaran IPA di SDN Kemulan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dyah Ayu Indahwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Contextual Teaching learning (CTL) untuk meningikatkan pembelajaran IPA di SDN Kemulan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dyah Ayu Indahwati

Indahwati, Dyah Ayu (2012) Penerapan model Contextual Teaching learning (CTL) untuk meningikatkan pembelajaran IPA di SDN Kemulan 01 Kecamatan Turen Kabupaten Malang / Dyah Ayu Indahwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model CTL Pembelajaran IPA Selama peneliti melakukan observasi di kelas V dan pada saat itu guru mengajarkan pelajaran IPA guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya dan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dalam menerangkan materi pada siswa sehingga permasalahan yang muncul siswa kurang aktif atau siswa cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Sehingga hal ini mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa Maka diperlukan konsep belajar mengajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu melalui model CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model CTL pada pelajaran IPA materi pesawat sederhana. (2) Meningkatkan Aktivitas siswa dengan menerapkan model CTL. (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengunakan model CTL. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan Siklus II ditempuh selama 4 kali pertemuan. Strategi Pengumpulan data untuk mendukung penelitian tersebut dengan menggunakan instrumen penelitian sebagai berikut (1) Observasi (2) Tes Hasil Belajar (3) Wawancara (4) Dokumentasi (5) Catatan lapangan. Subyek penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 mata pelajaran IPA materi Pesawat Sederhana yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2012. Hasil penelitian penerapan model CTL dalam pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana di SDN Kemulan 01 Turen Malang adalah sebagai berikut (1) Penerapan model CTL dengan melihat penyusunan RPP pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan rata-rata yaitu pada siklus I sebesar 91.5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 97% dan ada selisih peningkatan sebesar 5.5%. dalam penyusunan RPP sudah sesuai dengan model CTL. Pada Aktivitas tindakan guru dalam menerapkan model CTL siklus I mencapai rata-rata 77.5 dengan kategori baik pada siklus II mencapai nilai rata-rata 92 5. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa keberhasilan tindakan guru dalam menerapkan model CTL dikatakan sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa dapa waktu diterapkan model CTL pada siklus I memperoleh skor rata-rata 61 96 dengan kategori siswa cukup aktif dan pada siklus II menjadi 76 35 dengan kategori siswa aktif. (3) Hasil Belajar siswa menunjukkan kenaikan rata-rata. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 61 25 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II rata-rata 82 5. Banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 60% menjadi 75% pada siklus II. Siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 40 6% menjadi 25% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) Dalam proses pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) diharapkan peran guru lebih kreatif dalam memotivasi siswa agar dapat menemukan pengetahuannya sendiri. (2) Untuk mendukung proses pembelajaran yang baik diperlukan media pembelajaran yang menarik agar siswa tidak bosan dan lebih memahami materi yang akan di pelajari. (3) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104241

Actions (login required)

View Item View Item