Increasing students' speaking participation using Problem Based Learning (PBL) and their perception toward the strategy / Fikriatunnisa' Ramadhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Increasing students' speaking participation using Problem Based Learning (PBL) and their perception toward the strategy / Fikriatunnisa' Ramadhana

Ramadhana, Fikriatunnisa' (2018) Increasing students' speaking participation using Problem Based Learning (PBL) and their perception toward the strategy / Fikriatunnisa' Ramadhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Ramadhana Fikriatunnisa . 2018. Meningkatkan Partisipasi Berbicara Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Persepsi Siswa terhadap Strategi Pembelajaran tersebut. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. (II) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D. Keywords partisipasi berbicara pembelajaran berbasis masalah Berbicara bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa dalam belajar bahasa Inggris. Salah satu tantangan terbesar bagi guru bahasa Inggris adalah untuk mengintegrasikan partisipasi berbicara siswa di kelas karena partisipasi berbicara siswa di kelas bahasa Inggris sangat penting dalam kaitannya dengan akuisisi bahasa kedua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur penggunaan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dalam diskusi kelompok siswa di SMAN 1 Singosari. Peneliti juga membagikan kuisioner untuk mengetahui persepsi siswa tentang strategi pembelajaran PBL.Hasil temuan pada kegiatan identifikasi permasalahan bahwasannya hanya 20% dari total seluruh siswa yang mencapai nilai minimum yang telah ditentukan. Siswa mendapatkan kesulitan dalam berbahasa inggris. Ketidakpercayaan diri siswa menjadi permasalahan utama pada kegiatan pembelajaran speaking. Sebagai akibatnya situasi kelas cenderung pasif sehingga mendorong guru bekerja lebih keras untuk memotivasi siswa mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas asal. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Singosari yang berada pada semester genap. Penelitian ini hanya difokuskan pada peningkatan partisipasi berbicara dalam Bahasa Inggris pada kegiatan diskusi kelompok. Penilitian ini dilaksanakan dalam satu siklus yang terdiri dari lima pertemuan. Prosedur penelitiajn ini meliputi perencanaan penerapan pengamatan dan refleksi. Peneliti menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data. Selain itu peneliti juga menggunakan kuisioner untuk mengetahui persepsi siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut. v Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam partisipasi berbicara siswa dalam Bahasa Inggris. 81.4% siswa mencapai criteria sukses pada diskusi topic yang pertama dan 87% siswa pada diskusi topic yang kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa yang mencapai level 2 dalam rentang nilai 0-3 yang mencakup semua indicator. Selain itu para siswa menjadi lebih aktif dan lebih antusias dengan strategi yang diterapkan. Ini dapat disimpulkan bahwa problem-based learning memberikan banyak dampak yang baik kepada siswa dalam hal partisipasi berbicara. Berdasarkan hasil kuisioner siswa dapat disimpulkan bahwa PBL strategi merupakan strategy pembelajaran yang menarik bagi siswa dapat digunakan di kelas khususnya dalam kegiatan diskusi kelompok. Penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan strategi PBL dalam meningkatkan partisipasi berbicara siswa. Untuk para peneliti yang akan datang mereka dapat menggunakan strategi PBL untuk melakukan penelitian dengan kemampuan dan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10424

Actions (login required)

View Item View Item