Peningkatan kemampuan memahami bacaan melalui membaca intensif di kelas IV SDN Candirejo 03 Kabupaten Blitar / Ike Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan memahami bacaan melalui membaca intensif di kelas IV SDN Candirejo 03 Kabupaten Blitar / Ike Widyawati

Widyawati, Ike (2012) Peningkatan kemampuan memahami bacaan melalui membaca intensif di kelas IV SDN Candirejo 03 Kabupaten Blitar / Ike Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci memahami bacaan membaca intensif. Berdasarkan hasil observasi pratindakan pembelajaran yang berlangsung kurang dapat melatih siswa mengembangkan kemampuannya dalam memahami bacaan seperti memaknai kata-kata sulit menemukan ide pokok paragraf menjawab pertanyaan daalam teks bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Guru menggunakan metode yang kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan keterampilan memahami bacaan yang mereka baca. Hal ini mengakibatkan hanya 37 5 % siswa yang mencapai ketuntasa dengan kata lain hanya 6 siswa dari 16 siswa yang dapat mencapai ketuntasan sedangkan 10 siswa lainnya tidak mencapai ketuntasan yang telah ditentukan. penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan membaca intensif dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa di kelas IV SDN Candirejo 03 Kabupaten Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memahami bacaan melalui membaca intensif kelas IV SDN Candirejo 03 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut perencanaan pelaksanaan pengamatan/observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan pembelajaran memahami bacaan melalui membaca intensif diketahui bahwa Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77 dan siklus II meningkat menjadi 86. Secara klasikal pada pratindakan ketuntasan belajar hanya mencapai 37 5%. Sedangkan di siklus I mengalami kenaikan menjadi 69%. Begitu juga di siklus II ketuntasan belajar kelas mengalami kenaikan lagi sebesar 94% dengan jumlah 16 siswa. Data tersebut menunjukkan bahwa melalui membaca intensif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan membaca intensif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Dengan demikian dapat disarankan bagi para guru untuk menggunakan teknik membaca intensif pada pembelajaran memahami isi bacaan supaya dapat meningkatkan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104238

Actions (login required)

View Item View Item