Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Kedungkandang Malang / Mistin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Kedungkandang Malang / Mistin

Mistin (2012) Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Kedungkandang Malang / Mistin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan berbicara SAVI SD Berbicara merupakan cara berkomunikasi dengan individu lain untuk bertukar pendapat dan gagasan. Pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan pada semua sekolah dasar salah satunya SDN Lesanpuro 3 Kedungkandang Malang. Berdasarkan hasil observasi awal siswa kelas VB mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya kemampuan berbicara. Siswa cenderung pasif dan tidak antusias mengikuti pelajaran karena pembelajaran yang diterapkan kurang menarik dan tidak bervariasi. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan inovasi model pembelajaran yang melibatkan gerakan fisik dan semua indera siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VB dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan model SAVI. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan PTK. Dalam penelitian ini dilakukan secara bersiklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Lesanpuro 3 Kedungkandang Malang yang terdiri dari 41 siswa 25 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Siswa yang awalnya malu-malu takut tidak fokus dan terbata-bata dalam berbicara kini menjadi lebih percaya diri berani dan lancar berbicara baik pada pelafalan intonasi maupun ekspresi siswa ketika berbicara. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan kemampuan berbicara siswa baik pada aspek bahasa maupun non bahasa. Pada siklus I mencapai 70 73% dan siklus II mencapai 85 37% sehingga terjadi peningkatan ketuntasan kemampuan berbicara sebesar 14 64%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru sekolah dasar yaitu diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Sedangkan untuk peneliti lain diharapkan mampu melanjutkan penelitian ini tetapi dengan inovasi yang berbeda serta mampu menjawab kekurangan dalam penelitian ini khususnya tentang menejemen waktu dalam pembelajaran agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104237

Actions (login required)

View Item View Item