Peningkatan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA melalui model siklus belajar 5E di kelas IV SDN Lorejo 01 / Nur Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA melalui model siklus belajar 5E di kelas IV SDN Lorejo 01 / Nur Wijayanto

Wijayanto, Nur (2012) Peningkatan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA melalui model siklus belajar 5E di kelas IV SDN Lorejo 01 / Nur Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Keterampilan Proses Model siklus belajar 5E Pembelajaran IPA SDN Lorejo 01 Kab. Blitar. Hasil observasi pendahuluan pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN Lorejo 01 menunjukkan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses masih kurang. Penyebab hal tersebut adalah guru berceramah tentang materi sis-wa menyimak ceramah guru merangkum isi buku teks IPA dan menjawab perta-nyaan yang ada di dalam buku teks IPA sehingga siswa kurang mendapat kesem-patan untuk mengembangkan keterampilan proses. Berkaitan dengan kondisi ter-sebut perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa mengem-bangkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran pada tahap pratindakan (2) kemampuan siswa me-ngembangkan keterampilan proses pada tahap pratindakan (3) pelaksanaan pem-belajaran dengan menggunakan model siklus belajar 5E pada tiap siklus (4) ke-mampuan siswa mengembangkan keterampilan proses melalui model siklus bela-jar 5E pada tiap siklus dan (5) peningkatan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses melalui model siklus belajar 5E. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 18 siswa. Teknik pengum-pulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digu-nakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kualitatif sederhana (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA (1) pada tahap pratindakan dilaksanakan dengan cukup baik (64%) (2) pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 dilaksanakan dengan baik (79%) baik (82%) dan sangat baik (85%) (3) pada siklus II pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 di-laksanakan dengan sangat baik (88%) sangat baik (91%) dan sangat baik (94%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mengalami pening-katan yaitu pada siklus I pertemuan 1 meningkat 24% dari tahap pratindakan pertemuan 2 meningkat 4% dari pertemuan 1 dan pertemuan 3 meningkat 4% da-ri pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat 4% dari pertemuan 3 siklus I pertemuan 2 meningkat 3% dari pertemuan 1 dan pertemuan 3 meningkat 3% dari pertemuan 2. Kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses (1) pada tahap pratindakan dilaksanakan dengan sangat kurang (6%) (2) pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 dilaksanakan dengan kurang baik (47%) cukup baik (57%) dan cukup baik (64%) (3) pada siklus II pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3 dilaksanakan dengan cukup baik (68%) baik (74%) dan baik (83%). Hasil tersebut menunjukkan kemampuan siswa mengembangkan keteram-pilan proses mengalami peningkatan yaitu pada siklus I pertemuan 1 meningkat signifikan 683% dari tahap pratindakan pertemuan 2 meningkat 21% dari perte-muan 1 dan pertemuan 3 meningkat 12% dari pertemuan 2. Pada siklus II perte-muan 1 meningkat 6% dari pertemuan 3 siklus I pertemuan 2 meningkat 9% dari pertemuan 1 dan pertemuan 3 meningkat 12% dari pertemuan 2. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggu-nakan model siklus belajar 5E yang dilakukan dengan sangat baik dapat mening-katkan kemampuan siswa mengembangkan keterampilan proses dengan baik. Ber-dasarkan hasil penelitian ini guru disarankan untuk (1) menggunakan model sik-lus belajar 5E untuk mengembangkan keterampilan proses (2) menyiapkan renca-na pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja kelompok (LKK) dengan matang dan (3) sabar membimbing siswa dalam pembelajaran yang mengguna-kan model siklus belajar 5E.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104236

Actions (login required)

View Item View Item