Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model the power of two pada siswa kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung / Indah Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model the power of two pada siswa kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung / Indah Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Indah (2012) Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui model the power of two pada siswa kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung / Indah Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pecahan model the power of two Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung dalam pembelajaran matematika materi pecahan metode maupun strategi yang digunakan kurang tepat. Akibatnya sebagian besar siswa merasa bosan dan jenuh pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil pengerjaan LKS pada tahap pratindakan diketahui bahwa ketuntasan hasil belajar 10 siswa rata-ratanya adalah 54 00. Untuk itu diperlukan alternatif perbaikan dengan menerapkan model The Power of Two. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model The Power Of Two pada materi pecahan siswa kelas V SDN I Suruhankidul Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan bahwa penerapan The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menerapkan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan rekapitulasi hasil aktivitas guru dapat dilihat adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 70 25 dan pada siklus II menjadi 88 00. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I adalah 61 75 dan pada pada siklus II adalah 86 75. Hasil belajar dari 10 siswa juga mengalami peningkatan siklus I nilai rata-rata siswa adalah 67 80 dengan persentase ketuntasan 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81 48 dengan persentase ketuntasan 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas guru siswa dan hasil belajar Matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN 1 Suruhankidul Kabupaten Tulungagung. Agar lebih efektif dalam menerapkan model ini disarankan bagi sekolah untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Sedangkan bagi guru hendaknya selalu memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104234

Actions (login required)

View Item View Item