Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas v di SDN Sawojajar 1 Kota Malang / Saela Fauza - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas v di SDN Sawojajar 1 Kota Malang / Saela Fauza

Fauza, Saela (2012) Permainan ular tangga sebagai media untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas v di SDN Sawojajar 1 Kota Malang / Saela Fauza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media permainan ular tangga aktivitas dan hasil belajar IPS SD Dalam pembelajaran terdapat sejumlah unsur yang saling berkaitan guna terlaksananya kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk menyusun desain pembelajaran guru harus mempertimbangkan unsur-unsur yang menunjang proses komunikasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu unsur tersebut yaitu media pembelajaran. Permainan sebagai media pembelajaran mempunyai peranan penting untuk membantu proses belajar siswa. Permainan merupakan aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan tuntutan taraf perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan media permainan ular tangga pada pembelajaran IPS kelas VA (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan media permainan ular tangga pada pembelajaran IPS kelas VA dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan media permainan ular tangga pada pembelajaran IPS kelas VA di SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Permainan ular tangga adalah permainan papan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan dadu dan bidak sebagai pemain. Penerapan media permainan ular tangga dimaksudkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA di SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Penerapan media permainan ular tangga dapat menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Arikunto yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi atau pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA di SDN Sawojajar 1 Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pedoman pengamatan siswa dan guru serta tes. Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan ular tangga dapat berjalan dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan secara sistematis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 44 23% dan pada siklus II meningkat 80 77%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 77 84 dan pada siklus II meningkat sebesar 85 24. Media permainan ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SDN Sawojajar 1 Kota Malang materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan pembelajaran IPS dengan menggunakan variasi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104233

Actions (login required)

View Item View Item