Hanim, Nur Fatwa Khoirun (2012) Penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan siswa mengembangkan sikap ilmiahnya dalam pembelajaran IPA kelas IV MI Al-Muslihuun 01 Tlogo / Nur Fatwa Khoirun Hanim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci model kooperatif think pair share pembelajaran IPA sikap ilmiah Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di kelas IV MI Al-Muslihuun 01 yang menunjukkan bahwa 1) kegiatan pembelajaran dilakukan menggunakan model yang konvensional 2) siswa kurang aktif dalam pembelajaran yaitu hanya mendengarkan ceramah guru 3) siswa tidak diperbolehkan untuk bertanya atau melakukan aktifitas ketika pembelajaran berlangsung dan 4) siswa terus dikekang untuk mengikuti semua aturan guru sehingga sikap ilmiah siswa tertutup dengan perasaan takut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) sikap ilmiah siswa kelas IV pada tahap pratindakan di MI Al-Muslihuun 01 Tlogo 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair shar epada tiap siklus di kelas IV MI Al-Muslihuun 01 Tlogo 3) sikap ilmiah siswa kelas IV MI Al-Muslihuun 01 Tlogo pada tiap siklus 4) perkembangan sikap ilmiah siswa kelas IV MI Al-Muslihuun 01 Tlogo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam3 tahap yaitu pratindakan siklus I dan siklus II.Setiap siklus terdiri dari3 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 19 siswa yaitu 12 laki-laki dan 7 perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair sharedalam pembelajraan IPA mampu meningkatkan kemampuan siswa mengembangkan sikap ilmiahnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor sikap ilmiah siswa. Rata-rata skor sikap ilmiah siswa pada tahap pra tindakan sebesar 18 06 dengan kualifikasi sangat kurang (SK) siklus I sebesar 76 46 dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II sebesar 92 46 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat diterapkan pada siklus I dan siklus II yang mencapai rata-rata skor antara 90% sampai 100% untuk kegiatan intinya. Pemerolehan skor ini menunjukkan bahwa semua tahapan model think pair share dapat dilakukan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan siswa mengembangkan sikap ilmiahnya. Peningkatan kemampuan siswa mengembangkan sikap ilmiahnya mulai terlihat pada siklus I sampai siklus II yang ditunjukkan dengan skor yang diperoleh. Melihat keberhasilan penelitian ini disarankan bagi guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran dengan model think pair share agar sikap ilmiah siswa dapat berkembang dengan baik.Selain itu guru harus memperhatikan karakteristik pembelajaran IPA dan juga karakteristisk siswa itu sendiri ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Jika hal ini dilakukan guru maka sikap ilmiah siswa dapat berkembang dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |