Using audio books to improve the listening skills of 10th grade students of SMA Negeri 1 Singosari / Ayunda Putri Puspadewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Using audio books to improve the listening skills of 10th grade students of SMA Negeri 1 Singosari / Ayunda Putri Puspadewi

Puspadewi, Ayunda Putri (2018) Using audio books to improve the listening skills of 10th grade students of SMA Negeri 1 Singosari / Ayunda Putri Puspadewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspadewi Ayunda Putri. 2018. Penggunaan Audio Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (II) Dr. Furaidah M.A. Kata kunci kemampuan menyimak audio book Mendengarkan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena mendengar atau menyimak berperan besar dalam mempelajari bahasa asing terutama bagi pelajar yang tidak menggunakan bahasa tersebut sehari-hari. Dalam pelajaran bahasa Inggris mendengarkan atau menyimak adalah keterampilan yang paling sering digunakan di kelas. Meskipun signifikansi dan kebutuhan dari K13 siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam menyimak. Kesulitan-kesulitan tersebut berasal dari empat faktor berikut media dan materi pembicara pendengar dan tempat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas X IPA F di SMA Negeri 1 Singosari dengan menggunakan audio book. Para siswa mendapatkan nilai yang rendah pada tes menyimak dan alasannya sebagian besar karena penutur yang terlalu cepat dan kurangnya media yang digunakan untuk kegiatan menyimak di kelas. Penelitian ini menggunakan desain classroom action research. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X IPA F di SMA Negeri 1 Singosari. Data yang diperoleh pada penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif tentang peningkatan keterampilan menyimak siswa diperoleh dari kuesioner dari siswa dan wawancara dengan guru bahasa Inggris. Sementara itu data kuantitatif tentang peningkatan keterampilan mendengarkan siswa diperoleh dari tes menyimak yang dilakukan pada akhir setiap pertemuan. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memperkenalkan buku dengan cara mengajak siswa untuk menebak cerita berdasarkan gambar pada sampul buku dan judul buku memutarkan audio book kepada siswa sebanyak tiga kali dan mendiskusikan buku tersebut dengan melakukan latihan di lembar kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan audio book dalam kegiatan menyimak efektif dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa yang ditunjukkan oleh nilai mereka yang lebih tinggi dari skor sebelum pelaksanaan. Keberhasilan penelitian ini didasarkan pada kriteria keberhasilan yaitu 80% siswa mencapai skor rata-rata 80 atau lebih tinggi dan dari hasil Siklus II menunjukkan bahwa 31 siswa dari 35 (88%) telah mencapai skor rata-rata 80 atau lebih tinggi. Selain itu berdasarkan kuesioner siswa setelah implementasi motivasi dan antusiasme mereka dalam belajar bahasa Inggris terutama kelas mendengarkan juga meningkat. Ini berarti bahwa penggunaan audio book dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Dengan berhasilnya penelitian ini saya menawarkan beberapa saran kepada guru Bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Untuk guru bahasa Inggris saya merekomendasikan agar guru menggunakan audio book di kelas. Dengan menggunakan audio book guru dapat menyajikan materi yang dapat membuat kelas lebih menyenangkan dan menarik untuk siswa. Untuk peneliti yang selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa saya merekomendasikan untuk menggunakan audio book di tingkat pendidikan yang berbeda atau pada fokus kemampuan berbahasa yang berbeda seperti membaca menulis atau berbicara. Sehingga kita dapat mengetahui bahwa audio book dapat digunakan di semua tingkat pendidikan dan juga di segala kemampuan berbahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10423

Actions (login required)

View Item View Item