Peningkatan hasil belajar matematika tentang soal cerita melelui penerapan model newman pada siswa kelas iv SDN Sidodadi 01 Kabupaten Blitar / Sutantriani sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika tentang soal cerita melelui penerapan model newman pada siswa kelas iv SDN Sidodadi 01 Kabupaten Blitar / Sutantriani sari

Sari, Sutantriani (2012) Peningkatan hasil belajar matematika tentang soal cerita melelui penerapan model newman pada siswa kelas iv SDN Sidodadi 01 Kabupaten Blitar / Sutantriani sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil belajar Soal Cerita Model Newman Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Sidodadi 01 Kabupaten Blitar pada pelaksanaan pembelajaran Matematika IV diperoleh hasil yang kurang memuaskan yaitu dari 20 siswa hanya 8 siswa saja yang nilainya dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65 sedangkan 12 siswa masih belum dapat mencapai KKM. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal dan mengerjakan soal tanpa prosedur yang jelas. Berkaitan dengan hal ini peneliti ingin memperbaiki pembelajaran Matematika tentang menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB dengan menerapkan Model Newman. Tujuannya adalah agar dapat mendeskripsikan penerapan Model Newman dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidodadi 01. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan PTK. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (2) lembar kerja kelompok (LKK) (3) lembar kerja siswa (LKS) (4) lembar observasi (5) rubrik penilaian (6) lembar angket siswa. Hasil penelitian dengan menerapkan Model Newman dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penilaian aktivitas dari siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 85% hal ini menunjukkan peningkatan aktivitas sebesar 17%. Ketuntasan Belajar pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 50% menjadi 80% pada siklus II hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah penarapan Model Newman dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang soal cerita KPK dan FPB siswa SDN Sidodadi 01. Disarankan guru bisa lebih mengembangkan dan membimbing siswa dalam menyelesaikan bentuk soal cerita yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104228

Actions (login required)

View Item View Item